STRATEGI PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN UNTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pasar Sentral Kota Kendari)

Mawadda Mutia Alwi, Nim: 18050101050., M (2023) STRATEGI PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN UNTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pasar Sentral Kota Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mawadda Mutia Alwi, Nim: 18050101050. Strategi Pedagang Kaki Lima dalam Meningkatkan Penghasilan Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Pasar Sentral Kota Kendari). dibimbing oleh Dr. Hj. Ummi Kalsum M.Ag dan Muhammad Imran SE, M.AK. Program Studi Ekonomi Syariah 2022 Pedagang kaki lima adalah adalah kegiatan usaha dagang yang dilakukan secara individu atau kelompok dengan menggunakan fasilitas umum sebagai tempat berdagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan pedagang kaki lima di Pasar Sentral Kota Kendari dalam meningkatkan penghasilan, kesejahteraan keluarga pedagang kaki lima di Pasar Sentral Kota Kendari dan strategi pedagang kaki lima di Pasar Sentral Kota Kendari dalam perspektif pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan (Field Research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) strategi pedagang kaki lima di Pasar Sentral Kota Kendari menggunakan strategi 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Strategi product yaitu menjaga kualitas produk, menjaga kemasan produk, dan melakukan pelayanan yang baik. Strategi price yaitu harga yang terjangkau dan kesesuaian harga dengan kualitas. Strategi promotion yaitu melakukan promosi langsung kepada konsumen dan melakukan promosi lewat sosial media. Dan strategi place, pedagang kaki lima mencari lokasi yang strategi dan mencari tempat usaha yang nyaman. (2) Keluarga pedagang kaki lima dengan penghasilan >Rp.1.000.000 telah memenuhi indikator keluarga sejahtera tahap II dan pedagang kaki lima dengan penghasilan Rp.1.000.000 telah memenuhi indikator keluarga sejahtera tahap I. (3) Strategi pedagang kaki lima di Pasar Sentral Kota Kendari ditinjau dalam perspektif pemasaran syariah sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah yaitu ketuhanan, etis, realistis, dan humanitas serta tidak melakukan jenis transaksi yang tidak sesuai dengan syariat Islam seperti tadlis, gharar, riba, dan ikhtikar. Kata Kunci: Strategi, Pedagang Kaki Lima, Kesejahteraan Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi, Pedagang Kaki Lima, Kesejahteraan Keluarga
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pedagang Kaki Lima, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:00
Last Modified: 24 Feb 2023 01:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4354

Actions (login required)

View Item View Item