EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH-AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 MUNA

La Ode Muhammad Badrun, NIM.18010101095, L (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH-AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK La Ode Muhammad Badrun, NIM.18010101095, Skripsi Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Muna, (Dibimbing oleh: Dr. Samrin, M.Pd.I dan Dr. Samsul Bahri, MA) Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Muna dan untuk mengetahui upaya guru mata pelajaran akidah akhlak meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Muna. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagodik dan pendekatan psikologis. Lokasi penelitian ini di MTsN 1 Muna jalan tengiri Kecamatan Batalaiworu Kebupatan Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun data dan sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder serta tehknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Adapun menggunakan triangulasi dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi peneliti, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Muna efektif berdasarkan indikator pembelajaran pengorganisasian materi, komunikasi efektif,penguasaan dan antusiasme pelajaran, sikap positif terhadap siswa, pemberian nilai yang adil, keluwesan pendekatan pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang baik serta peserta didik kelas VII di MTsN 1 Muna dominan memiliki karakter kemandirian tanggung jawab dan karakter cinta kepada Allah SWT dan segenap ciptaanNya. Terkait upaya guru mata pelajaran akidah akhlak meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Muna dengan guru aktif meminta arahan kepala madrasah terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar, guru mata pelajaran akidah akhlak kelas VII aktif mengikuti pelatihan kependidikan, menerapkan model pembelajaran kemp, guru akidah akhlak kelas VII aktif memberikan rangsangan pembelajaran, menerapkan pembelajaran berbasis masalah, dan guru aktif memberikan nasihat dan motivasi kepada peserta didik kelas VII di MTsN 1 Muna Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter, Peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter, Peserta didik
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter, Peserta didik
Subjects: Pendidikan Islam
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:00
Last Modified: 24 Feb 2023 07:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item