HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH KENDARI

Jusran, 19040202008, J (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1..pdf

Download (356kB)
[img] Text
Bab 2..pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3..pdf

Download (963kB)
[img] Text
Bab 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
Bab 5..pdf

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jusran, 19040202008, Hubungan Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Hafalan Qur’an Juz 30 pada Siswa MTs AsySyafi’iyah Kendari. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing I: Dr. Abdul Kadir, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Samsul Bahri, M.A Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; (1) hubungan kompetensi profesional guru dengan kemampuan hafalan al-Qur‟an juz 30 pada siswa; (2) hubungan motivasi belajar dengan kemampuan hafalan al-Qur‟an juz 30 pada siswa; (3) hubungan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar pada siswa; (4) hubungan kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemampuan hafalan al-Qur‟an juz 30 pada siswa MTs AsySyafi‟iyah Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis korelasional. Penelitian dilaksanakan di MTs AsySyafi‟iyah Kendari dengan populasi 166 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan purposive sampling sebanyak 62 siswa. Taraf signifikansi 5% dengan nilai rtabel = 0,254. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial setelah memenuhi uji persyaratan analisis; normalitas, linearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi profesional guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kemampuan hafalan al-Qur‟an juz 30 pada siswa dengan nilai uji F (31,391) bernilai positif dan nilai signifikansi (ρ = 0,000 < α = 0,05) sehingga H1 diterima dan kontribusi X1 dengan Y sebesar 34,3%; (2) motivasi belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kemampuan hafalan al-Qur‟an juz 30 pada siswa dengan nilai uji F (12,472) dan nilai signifikansi (ρ = 0,001 b < α = 0,05), sehingga H1 diterima dan kontribusi X2 dengan Y sebesar 17,2%; (3) kompetensi profesional guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi belajar siswa dengan nilai uji F (14,504) dan nilai signifikansi (ρ = 0,000 b < α = 0,05), sehingga H1 diterima dengan kontribusi X1 dengan X2 sebesar 19,5%.; (4) kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersamasama memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kemampuan hafalan alQur‟an juz 30 pada siswa dengan nilai uji F (17,609) dan nilai signifikansi (ρ = 0,000 b < α = 0,05), sehingga H1 diterima dengan kontribusi X1 dan X2 dengan Y sebesar 37,4%. Sehingga berimplikasi sebagai bahan evaluasi bagi guru tahfidz atau pembimbing hafalan al-Qur‟an dalam melaksanakan program pembelajaran baik pada aspek kompetensi profesional guru maupun peningkatan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan hafalan al-Qur‟an siswa dapat lebih ditingkatkan. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 ABSTRACT Jusran, 19040202008, The Correlation of Teacher Professional Competence and Learning Motivation by the Memorization Ability Qur'an Juz 30 in MTs AsySyafi'iyah Kendari Students. Thesis Study Program of Islamic Religious Education, Postgraduate Institute of Islamic Religion Kendari, Advisor I: Dr. Abdul Kadir, M.Pd, and Advisor II: Dr. Samsul Bahri, M.A This study was aimed to identify and analyze; (1) the correlation of teacher professional competence and students' ability by memorization al-Qur'an Juz 30; (2) the correlation of learning motivation and the students memorization ability alQur'an Juz 30; (3) the correlation of teacher professional competence and students' learning motivation; (4) the correlation of teacher professional competence and learning motivation together by the students memorization ability al-Qur'an Juz 30 in MTs Asy-Syafi'iyah Kendari. This study was used a quantitative approach by survey methods and correlational analysis. This Study was conducted at MTs Asy-Syafi'iyah Kendari with the students‟ population of 166 students. Determination of sample were used random sampling and purposive sampling as many as 62 students. The level of significance is 5% with rtable value = 0.254. The Data collection techniques were used questionnaires and documentation. The data analysis techniques were used descriptive and inferential analysis after fulfilling the analysis requirements test; normality, linearity, heteroscedasticity and autocorrelation. Hypothesis testing were used simple regression analysis and multiple regression. The results were showed that: (1) the professional competence of teachers was a positive and significant correlation by the students‟ memorization ability al-Qur'an Juz 30 with a positive F test score (31.391) and a significance value (ρ = 0.000 < = 0.05). Therefore, H1 was accepted and the contribution of X1 with Y is 34.3%; (2) student learning motivation was a positive and significant correlation by the students memorization ability al-Qur'an Juz 30 with an F test score (12.472) and a significance value (ρ = 0.001b < = 0.05). Thus, H1 was accepted and contribution of X2 with Y of 17.2%; (3) teacher's professional competence was a positive and significant correlation by the student learning motivation with an F test score (14.504) and a significance value (ρ = 0.000b < = 0.05), so that H1 was accepted with X1's contribution with X2 of 19.5 %.; (4) teacher's professional competence and learning motivation together was a positive and significant correlation by the students memorization ability al-Qur'an Juz 30 with an F test score (17.609) and a significance value (ρ = 0.000b < = 0, 05). Hence, H1 was accepted with the contribution of X1 and X2 with Y of 37.4%. So that, it was implications as an evaluation material for Tahfidz teachers or alQur'an memorization supervisors in carrying out learning programs both in the aspect of teacher professional competence and increasing students' learning motivation with the result that students' ability by the memorization al-Qur‟an can be more improved. Keywords: Teacher Professional Competence, Learning Motivation, Memorization Ability Al-Qur'an Juz 30 شؽثٌا ذ٠شؽت عفؼ ٍٝع جسذمٌا عِ ٍُعرٌا عفادٚ ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا ٓ١ت حللاعٌا ، ٨٠٩٢٩٤٩٤٩٩١ ، ْاشغظ ٝعسذذ حثعع ح١ٕ٠ٌٛا حؼٚشطأ . ٞساذٕو ح١ع١فش ٟشٌا ح٠ٚإغذ حعسذِ ٟف ٠٩ ءضعٌا ْآشمٌا : د . ٟٔاصٌا حلششٌّاٚ ، شصغعٌّا ٌاىسدا ذثع :د. يٚلأا فش غٌّا، ح١ِٛىؽٌاح١ِلاعءلااحعِاعٌ ، فذٙذ ش١رغظاِ ، ٌشؽث ا ظّش بلاطٌا جسذلٚ ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا ٓ١ت حللاعٌا (٨) ؛ً١ٍؽذٚ ذ٠ذؽذ ٌٝإ حعاسذٌا ٖز٘ ءضعٌا ْآشمٌا عفؼ ٍٝع جسذمٌاٚ ٍُعرٌا عفاد ٓ١ت حللاعٌا .(٤) ٠٩ ءضعٌا ْآشمٌا عفؼ ٍٝع ؛ (٢) حللاعٌا بلاطٌا ٍُعذ عفاٚدٚ ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا ٓ١ت حللاعٌا .(٠) بلاطٌا ذٕع ٠٩ حثٍط ٟف ٠٩ ءضعٌا ْآشمٌا عفؼ ٍٝع جسذمٌا عِ ٍُعرٌا ٚ عفاد ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا ٓ١ت عِ ا١ّو اعٙٔ حعاسذٌا ٖز٘ َذخرغذ . ٞساذٕو ح١عف شٌاٟ شٌا ح٠ٚإ ش حعسذِ ح٠ٛٔاصٌا طساذٌّا ٨١١ اٙتلاط دذع ػٍث٠ ٟرٌا ح١عف شٌاٟ شٌا ٟف سؽثٌا ءاشظإ .ُذ ٟطتاشرٌا ً١ٍؽرٌاٚ ػغٌّا قشط ا ١٤ ٌٝإ ًص٠ اٌّ حفداٌٙا حٕ١عٌاٚ ح١ئاٛشعٌا خإ١عٌا زخأ َاذخرعات حٕ١عٌا ذ٠ذؽذ . ا ًثٌاط خأا١ثرعلاا َاذخرعات خأا١ثٌا عّظ خا١ٕمذ . ٩٥٤٥٢ rtable = حّ١ل عِ ٥ ٪ ح١ّ٘لأا ٜٛرغِ . ًثٌاط ساثرخا ءاف١رعا ذعت ٟظارٕرعلااٚ ٟفصٌٛا ً١ٍؽرٌا خأا١ثٌا ً١ٍؽذ ح١ٕمذ َذخرغذ . ك١شٛرٌاٚ خا١ضشفٌا ساثرخا . ٟذازٌا طاثذسلااٚ ْشٌّا ش٠اغرٌاٚ ح١طخٌاٚ ح١ع١ثطٌا حٌاؽٌا ؛ ً١ٍؽرٌا خاثٍطرِ :(٨) جءافىٌا ْأ طئارٌٕا خشٙظأ . دذعرٌّا ساذؽٔلااٚ ط١غثٌا ساذؽٔلاا ً١ٍؽذ َاذخرعات ٜذٌ ٠٩ ءضعٌا ْآشمٌا عفؼ ٍٝع جسذمٌا عِ ح٠ٕٛعِٚ ح١تاع٠إ حللاع اٌٙ ٓ١ٍّعٌٍّ ح١ٌّٕٙا ). <= ٩٥٩٥ ٩٥٩٩٩ ρ = ( ح٠ٕٛعِ حّ١لٚ ) ٠٨.٠٠٨ ( ح١تاع٠إ F حظسد ٍٝع ٓ١ٍصاؽٌا بلاطٌا ٌٗ حللاع ةٌاطٌا ٍُعذ ٪؛ (٤) عفاد ٠٢٥٠ Y عِ X1 حّ٘اغِ ْٛىذٚ H1 يٛثل ُر٠ س١ؽت ) حظسد ٍٝع ٓ١ٍصاؽٌا بلاطٌا ٜذٌ ٠٩ ءضظ ْآشمٌا عفؼ ٍٝع جسذمٌا عِ حٌلاد خارٚ ح١تاع٠إ حّ٘اغِٚ يٛثمِ H1 )، هٌزٌ ٩٥٩٥ <= ٩٥٩٩٨ ρ = ( ح٠ٕٛعِ حّ١لٚ ) ٨٤٥٢٢٤ F ( ساثرخا عفاٚذت حِا٘ٚ ح١تاع٠إ حللاع اٌٙ ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا ٪؛ (٠) ٨٢٥٤ حثغٕت Y عِ X2 )، س١ؽت ٩٥٩٥ <= ٩٥٩٩٩ ρ = ( ح١ّ٘أ حّ١لٚ ) ٨٢٥٥٩٢ F ( ساثرخا حظسذت ةٌاطٌا ٍُعذ ٍُعرٌا عفادٚ ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا ؛ (٢) . ٪ ٨٠٥٥ ِٓ X2 عِ X1 حّ٘اغّت H1 يٛثل ُر٠ ٓ١ٍصاؽٌا بلاطٌا ٜذٌ ٠٩ ءضظ ْآشمٌا عفؼ ٍٝع جسذمٌا عِ حِا٘ٚ ح١تاع٠إ حللاع اٌّٙ ا ًعِ )، س١ؽت ٩٥٩٥ <= ٩٥٩٩٩ ρ = ( ح٠ٕٛعٌّا حّ١لٚ ) ٨٢٥١٩٠ F ( ساثرخا حظسد ٍٝع ح١ّ١١مذ داّٛو ساشآ اٌٙ ْٛى٠ س١ؽت .٪ ٠٢٥٢ حثغٕت Y عِ ٚ X2 X1 حّ٘اغّت H1 يٛثل ُر٠ جءافىٌا ةٔاظ ِٓ ًو ٟف ٍُعرٌا حثعش ز١فٕذ ٟف ْآشمٌا ع١فؽذ ٟفششِ ٚأ عفؽرٌا ٍّٟعٌّ بلاطٌا جسذل ْٛىذ ْأ ٓىّ٠ س١ؽت بلاطٌا ٜذٌ ح١ّ١ٍعرٌا ح١عفاذٌا جدا٠صٚ ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا . تُولكلا ٓغؽرٌا ِٓ ذ٠ضِ ْآشمٌا عفؼ ٍٝع ٠٩ ءضعٌا ْآشمٌا عفؼ ٍٝع جسذمٌا ،ٍُعرٌٍ عفاذٌا ،ٍُعٌٍّ ح١ٌّٕٙا جءافىٌا : ةيحُتفولا

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Juz 30
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Juz 30
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Al-Qur'an
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:07
Last Modified: 24 Feb 2023 07:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item