STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK NEGERI 2 KENDARI

TAMIM L, NIM : 12010101074 (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK NEGERI 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK TAMIM L, NIM: 12010101074, Judul: “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa di SMK Negeri 2 Kendari” (Dosen Pembimbing Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I) Penelitian ini membahas. “Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari. (2).Bagaimana perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari. (3).Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah: (1).Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari.(2).Untuk mendeskripsikan perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari. (3).Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru PAI, kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru dan siswa di SMK Negeri 2 Kendari. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahapan penting yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1)Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari yaitu pendekatan personal, pembiasaan yang baik dan integrasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari yang meliputi mayoritas siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh sekolah, pelaksanaan sholat jum’at dan yasinan bersama. 3) Kendala dan Solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 2 Kendari diantaranya: a) kendala yang dihadapi guru PAI 1)faktor intern yang meliputi terbatasnya waktu pembelajaran PAI dan 2)faktor ekstern yang meliputi latar belakang keluarga, pengaruh lingkungan bermain siswa serta tidak ditunjangnya pendidikan agama diluar sekolah. b) solusi untuk mengatasi kendala 1) faktor intern: Memanfaatkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang di selenggarakan oleh SMK Negeri 2 Kendari yang tidak lain yaitu pelaksanaan shalat Jumat berjamaah dan yasinan bersama. 2) faktor ekstern: a. Membangun kerja sama dengan wali kelas dan orang tua, b. Pelaksanaan monitoring program keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: GURU, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ,PERILAKU KEAGAMAAN
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:51
Last Modified: 15 Nov 2017 01:51
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item