RIA IRAWAN, NIM. 08 01 01 01 051 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PAIKEM GEMBROT KELAS VII SMP 1 ATAP WAWOLAA KECAMATAN WAWONII BARAT KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (108kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (65kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
Abstract
ABSTRAK RIA IRAWAN, NIM. 08 01 01 01 051. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Paikem Gembrot Kelas VII SMP 1 Atap Wawolaa Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan ”, melalui bimbingan Ibu Nurseha Gazali, M. Si dan Ibu Zulaeha, M. Ag Penelitian ini bertujuan : 1). Mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Paikem Gembrot, 2). Mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Paikem Gembrot, 3). Meningkatkan hasil pendidikan agama Islam di SMP 1 Atap Wawolaa khususnya pada kelas VII melalui strategi Paikem Gembrot. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya memuat beberapa langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 37 orang siswa tahun ajaran 2014/2015 Adapun masalah yang dikemukakan adalah I). Bagaimana aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Paikem Gembrot, 2). Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Paikem Gembrot, 3). Apakah dengan strategi Paikem Gembrot dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi terhadap guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa tiap siklus. Indicator keberhasilah dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 setelah mencapai 85% . aktivitas siswa telah mencapai 85% Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mencapai 89,19% Tinggi sedangkan aktivitas guru 100% terlaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Paikem Gembrot. Berdasarkan hasil tes secara tertulis yang dilakukan pada setiap akhir siklus adalah pada pelaksanan tes memperoleh nilai ≥ 75 berjumlah 2 siswa dan ketuntasan secara klasikal sebesar 5,56% dengan rata-rata nilai hasil belajar 56,11. Tindakan siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 berjumlah 10 siswa dan ketuntasan secara klasikal sebesar 27,03% dengan rata-rata nilai hasil belajar 66,62. Tindakan siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 berjumlah 33 siswa dan ketuntasan secara klasikal sebasar 89,19% dengan rata-rata nilai hasil belajar 82,57. Berdasarkan hasil penelitian baik dari proses maupun hasil evluasi disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan agama islam pada SMP 1 Atap Wawolaa khususnya kelas VII dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan Strategi Paikem Gembrot dengan materi meghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya, dan hidup senang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru agar mau menggunakan strategi ini sebagai alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ibu Nurseha Gazali, M. Si dan Ibu Zulaeha, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Strategi, dan Paikem Gembrot |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 01:59 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 01:59 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1042 |
Actions (login required)
View Item |