PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MURID SDN KERATON KEC. MURHUM KOTA BAU-BAU

TRI APRIANTI WAHYUNI, NIM : 20100107 01045 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MURID SDN KERATON KEC. MURHUM KOTA BAU-BAU. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.docx

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Tri Aprianti Wahyuni, NIM. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Bidang Studi PAI di SDN Keraton Kec. Murhum Kota Bau-Bau”, melalui bimbingan Bapak Drs. Abdul Kadir, M.Pd. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu alternatif pembelajaran masa kini yang menempatkan murid sebagai subjek belajar. Dalam pembelajaran model ini, murid dikondisikan untuk dapat saling bekerjasama dengan murid lain dalam kelompok-kelompok kecil yang disebut dengan kelompok asal dan kelompok ahli. Melalui model pembelajaran ini, diharapkan murid dapat saling bekerjasama dalam suatu hubungan belajar yang simbiosis mutualisme. Karena itulah, penulis tertarik untuk mencoba menerapkan model pembelajaran ini melalui sebuah penelitian dengan mengangkat topik ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Bidang Studi PAI di SDN Keraton”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar murid pada bidang studi PAI di Kelas V-B SDN Keraton”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, dan lembaran observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar dianalis dengan rumus kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar murid pada bidang studi pendidikan agama islam di kelas V-B SDN Keraton Kota Bau-Bau. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar murid setelah tindakan penelitian dilakukan, dimana rata-rata perolehan murid pra penelitian sebesar 66.88 kemudian setelah penerapan tindakan siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71.67 dengan persentase peningkatan sebesar 7.17%. Selanjutnya, pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang lebih signifikan dari siklus sebelumnya dengan nilai rata-rata kelas menjadi 76.71 dan persentase peningkatannya sebesar 7.03%. Dengan demikian, indikator ketercapaian kinerja penelitian telah tercapai sehingga penelitian dicukupkan sampai pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Kadir, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Jigsaw
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:28
Last Modified: 08 Aug 2018 01:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item