SITTI RAHMAH, NIM: 16040202004 (2018) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOLAKA KABUPATEN KOLAKA. Masters thesis, IAIN Kendari.
|
Text
COVER.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SITTI RAHMAH, 16040202004, “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kolaka Kabupaten Kolaka, TesisProgram Studi Pendidikan Agama Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri KendariPembimbing : 1. Dr. Hj. St. Hasniyati Ghani Ali, M.Pd.I.2. Dr. H. Moh.Yahya Obaid, M.Ag. Penelitian ini tentang evaluasi implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kolaka Kabupaten Kolaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman guru, perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan dan hasil penilaian pembelajaran serta kendala dan solusi dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Kolaka Kabupaten Kolaka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode evaluative studi kasus.Evaluasi studi kasus dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa data komponen implementasi kurikulum 2013 sesuai dengan standar dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang implementasi Kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, analisis data dan penyajian kesimpulan dengan teknik analisis deskriptif Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bahwa evaluasi pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan penilaian dan hasil penilaian sudah baik. Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor: 165 tentang Kurikulum 2013 tahun 2014 dan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hambatan yang ditemui, guru belum mampu melakuakan semua bentuk penilaian dan kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran dan solusinya adalah melakukan penguatan pengetahuan bagi tenaga pendidik melalui workshop, pelatihan, dan pemanfaatan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran. (MGMP) dan memanfaatkan secara maksimal sarana prasarana yang ada di MAN 1 Kolaka. Implikasi hasil penelitian evaluas iterhadap implementasi kurikulum ini menunjukkan bahwa aspek dalam masing-masing tahapan terpenuhi sesuai standar kurikulum 2013. Oleh karena itu, hasil temuan dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan acauan dari semua pihak dalam implementasi Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Hj. St. Hasniyati Gani Ali dan H. Moh Yahya Obaid |
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI, IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 dan MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 06:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 06:30 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |