ERLINA EMBA, NIM. 16040202007 (2018) OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN 1 KOLAKA. Masters thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Erlina Emba, 16040202007, Optimalisasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pembelajaran Bahasa Arab Di MTsN 1 Kolaka, Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari. Pembimbing I. Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Pembimbing II. Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tutor sebaya, upaya optimalisasi model pembelajaran tutor sebaya, faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan member chek. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada pelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 dilakukan dalam beberapa tahap kegiatan diantarannya, yaitu: menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran. Untuk mengoptimalkan pembelajaran model tutor sebaya pada mata pelajaran bahasa Arab maka dilakukan upaya diantaranya adalah pemilihan tutor yang memiliki kapasitas sebaga pengajar, melakukan pengawasan, memberikan penguatan, melakukan rolling tutor, dan melakukan evaluasi. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model tutor sebaya pada mata pelajaran bahasa Arab terdiri dari kebijakan kepala madrasah, sarana dan prasana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu pembelajaran bahasa Arab bila dibandingkan dengan jumlah siswa, dan minimnya kreatifitas guru. Upaya yang dilakukan dengan mengefektifkan waktu dan guru berkreasi untuk mendesain model pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini diharapkan memberikan konstribusi pada lembaga pendidikan terkhusus berkaitan dengan pembahasan tentang pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberikan refensi baru bagi guru PAI tentang inovasi pembelajaran pada rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah dan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran,Tutor Sebaya dan Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 07:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 07:15 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1294 |
Actions (login required)
View Item |