PENGARUH MANAJEMEN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 KENDARI

DARMISIH, NIM : 10010101104 (2014) PENGARUH MANAJEMEN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Darmisih. 10 010101 104. “Pengaruh Manajemen Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari”. Melalui bimbingan Dr. Husain Insawan, M.Ag. dan Jumardin La Fua, S.Si. M.Si. Hasil belajar merupakan tolok ukur penguasaan siswa terhadap sejumlah kompetensi yang ditetapkan dalam suatu mata pelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor yang meliputi faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar. Manajemen belajar merupakan salah satu faktor pendekatan belajar yang sangat berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen belajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh manajemen belajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 1 Kendari yang berjumlah 892. Penarikan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 56 orang. Pengambilan data menggunakan teknik angket. Uji perysratan analisis meliputi uji normalitas data dan uji linearitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwamanajemen belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari berada pada kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak berada pada kategori tinggi. Terdapat pengaruh manajemen belajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Kendari. Berdasarkan perbandingan nilai thitung dibandingkan dengan ttabel, dimana thitung = 6,140 lebih besar dari ttabel = 2,005, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain bahwa pengaruh variabel manajemen belajar terhadap prestasi belajar dinyatakan signifikan. Kata kunci: manajemen belajar, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Husain Insawan, M.Ag. dan Jumardin La Fua, S.Si. M.Si.
Uncontrolled Keywords: manajemen belajar, hasil belajar siswa
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:25
Last Modified: 10 Sep 2018 02:25
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item