PENGARUH KREATIFITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PADA SISWA MTs TRIDANA MULYA LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN

TITIS DIAH SULISTIO RINI, NIM.12010101122 (2016) PENGARUH KREATIFITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PADA SISWA MTs TRIDANA MULYA LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)

Abstract

ABSTRAK Titis Diah Sulistio Rini “ Pengaruh Kreatifitas Guru Trehadap Minat Belajar Al-qur’an Hadis Siswa Mts Tridana Mulya Landono Kabupaten Konawe Selatan “ (dibimbing oleh Bapak Dr H. Pairin MA dan Bapak La Hadisi, M.Pd.I) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kretifitas mengajar guru terhadap minat belajar al-qur’an hadist siswa MTs Tridanamulya. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan penelitian kuantitatif ini adalah Quisionare (angket) sebagai instrumen utama, didukung oleh observasi dan dokumentasi. Angket disebarkan pada 36 orang responden siswa. Data diolah dengan menggunakan metode analisis, perhitungan indeks korelasi dengan menggunakan alat uji product moment, nilai koefesien determinasi (KD), uji regresi linear serta pengujian hipotesis melalui uji t-student. Hasil analisis deskriptif kreatifitas mengajar guru di MTs Tridanamulya diintreprentasikan rendah, sementara variabel minat belajar al-qur’an hadist dapat diinterprentasikan cukup utamanya pada pelibatan ahli dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial melalui uji persyaratan dapat diinterpresentasikan bahwa data terdistribusi normal dan memenuhi persyaratan analisis. Selanjutnya pengukuran product moment diperoleh nilai indeks korelasi Rxy sebesar 0,551 atau diinterpresentasikan bahwa variabel kreatifitas mengajar guru (X) dan variabel minat belajar al-qur’an hadist (Y) memiliki korelasi yang nilai koefesien yang lemah atau rendah. Besaran presentase korelasi kedua variabel tersebut diperoleh dari nilai koefesien determinasi yakni 30,36. Pada uji regresi linear diperoleh nilai kontribusi pengaruh sebesar 4,66 %. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung (3,851) yang lebih besar dari t tabel pada taraf kepercayan 95% atau α = 0,05 yakni (2,042). Hasil ini dapat diinterprentasikan terdapat pengaruh variabel kreatifitas mengajar guru (X) dan minat belajar al-qur’an hadist (Y) di MTs Tridanamulya Landono Kabupaten Konawe Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr H. PAIRIN MA dan LA HADISI, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: KREATIFITAS, GURU, MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Sep 2017 00:55
Last Modified: 07 Sep 2017 00:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item