PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DI SMAS HASRATI KENDARI

LELIANA, NIM:13010101167 (2018) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DI SMAS HASRATI KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Leliana, NIM. 13010101167, Judul: Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAS Hasrati Kendari. (Dibimbing Oleh: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si) Belajar merupakan aktifitas penting yang dilakukan oleh siswa di dalam dunia pendidikan. Karena dengan proses belajar anak akan menjadi tahu dari apa yang tidak diketahuinya. Dalam menuntut ilmu bahwasanya belajar merupakan aktifitasnya di dalam dunia pendidikan. Di dalam ruang lingkup sekolah, anak dituntut untuk bisa memahami pelajaran apa yang diberikan oleh gurunya. Sehingg diharapkan guru berperan dalam membimbing siswanya. Fungsi pendidikan adalah membimbing anak kearah suatu tujuan yang kita nilai tinggi. Membimbing siswa dilakukan dalam lingkungan formal dan nonformal. Lingkungan formal yaitu kegiatan pembelajaran di sekolah sedangkan nonformal dilakukan di kursus-kursus, belajar privat atau bimbingan belajar di luar kegiatan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bimbingan belajar guru, sejauh mana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan untuk memperoleh gambaran pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAS Hasrati Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode field research di SMAS HAsrati Kendari, dimana metode mengumpulkan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian: Dari hasil analisis Statistik Deskriktif diperoleh bimbingan belajar di SMAS Hasrati Kendari berada pada kategorisasi Baik (61 – 80%) dengan frekuensi 29 orang. Prestasi Belajar pada SMAS Hasrati menunjukkan bahwa siswa mempunyai prestasi belajar yang tinggi. Hal ini dapat dilihat tabel 8 yakni 61 – 80% dengan frekuensi 27 orang Dari hasil Statistik Inferensial diperoleh ada pengaruh positif yang sangat kuat bimbingan belajar terhadap prestasi belajar pada SMA Hasrati yakni rhitung = 0,121 dan rtabel = 0,361 yang artinya Ho diterima, H1 ditolak yang berarti tidak ada pengaruh yang positif antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar PAI. Oleh karena itu, Bimbingan belajar hendaknya dapat dijadikan sebagai cara atau program guru untuk membantu belajar siswa dalam rangka untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Nov 2018 00:37
Last Modified: 08 Nov 2018 00:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item