SAWALUDIN, NIM. 12010101092 (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DI SMAN 1 SIOMPU BARAT KEC. SIOMPU KAB. BUTON SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sawaluddin, Nim : 12 010 10 10 92, Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Strategi Questions Student Have Pada Siswa SMAN I Siompu Barat Kecamatan Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan, Dosen Pembimbing I Dr. Hj. St Kuraedah, M.Ag, Dan Pembimbing II St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd. Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMAN I Siompu Barat saat ini masih kurang, dikarenakan siswa tidak memiliki keberanian dalam menyampaikan pertanyaan dan cenderung diam. Untuk mengatasi hal ini, maka dibutuhkan penggunaan strategi pembelajaran untuk merangsang keberanian siswa. sebab itu, peneliti tertarik menerapkan strategi Questions Student Have pada mata Pelajaran Pendidikan Agama islam siswa SMAN I Siompu Barat Kecamatan Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini berfokus pada peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam melalui penerapan strategi Questions Student Have SMAN I Siompu Barat Kecamatan Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelaas (Classroom Action Research). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengaan menggunakan lembaran observasi. Analisis data dilakukan secara desskriptif dan peningkatan keaktifan belajar siswa dianalisis dengan rumus persentase (%) Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan siklus yang telah diuraikan disimpulkan bahwa bahwa melalui penerapan strategi Questions Student Have pada siswa semester ganjil kelas XI IPA1 SMAN 1 Siompu Barat Kecamatan Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari analisis tiap indikator keaktifan. Indikator pertama “siswa aktif membuat pertanyaan melalui tulisan” siklus I meningkat sebesar 93.10% sedangkan siklus II meningkat sebesar 100%. Indikator kedua “siswa berani bertanya dan menanggapi pertanyaan” siklus I meningkat sebesar 51.72% sedaangkan siklus II meningkat sebesar 75.86%. indikator ketiga “siswa aktif dalam mengerjakan tugas kelompok saar PBM berlangsung” siklus I meningkat sebesar 79.31%, sedangkan siklus II meningkat sebesar 96.55%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Hj. St Kuraedah, M.Ag, Dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam, Strategi Question Student Have |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 02:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 02:10 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1438 |
Actions (login required)
View Item |