POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI MTsN 2 KONAWE

SITI JUBAIDAH, NIM : 14010101118 (2018) POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI MTsN 2 KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITI JUBAIDAH (14010101118) "Pola Pembinaan Karakter di MTsN 2 Konawe” (dibimbing oleh Dr. Hj. St Kuraedah, M.Ag)". Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. Skripsi ini berkenaan dengan Pola Pembinaan Karakter di MTsN 2 Konawe. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola pembinaan karakter di MTsN 2 Konawe (2) Bagaimana kendala dalam menerapkan pola pembinaan karakter di MTsN 2 Konawe (3) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam penerapan pola pembinaan karakter di MTsN 2 Konawe. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di MTsN 2 Konawe. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang yang dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pola pembinaan karakter di MTsN 2 Konawe dilakukan dengan cara: a.) Metode ceramah atau kisah b.) Metode keteladanan c.) Metode pembiasaan melalui 1) Pembiasan 5S Senyum, Salim, Sapa, Salam, 2) Kegiatan rutin seperti: shalat dzuhur, shalat dhuha berjamaah, yasinan bersama, sedekah seribu sehari (S3), kultum sebelum sholat dzuhur, shalat dhuha bersama di masjid, kegiatan ramadhan dan 3) Pembiasan dalam kelas d.) Anjuran/nasehat e.) Hukuman (2) Kendala dalam menerapkan pola pembinaan karakter di MTsN 2 Konawe a) Faktor Internal 1). Faktor dari siswa 2). Faktor dari pendidik (guru) b) Faktor eksternal 1). Faktor orang tua 2). Faktor lingkungan. (3) Upaya yang dilakukan dalam penerapan pola pembinaan karakter di MTsN 2 konawe yaitu: a) Aturan dan tata tertib yang harus di taati siswa dan b) Hukuman yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembinaan, Karakter, dan Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:02
Last Modified: 15 Nov 2018 02:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item