PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (Bola Salju) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KONAWE SELATAN

ASRIATI ABDUL MUSLIM, NIM : 1301010104017 (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (Bola Salju) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTAK Asriati Abd Muslim, NIM. 13010104017 “Penerapan Strategi Pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IVa MIN 2 Konawe Selatan” dibimbing oleh Aliwar S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Snowbaal Throwing. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada apakah hasil belajar IPA siswa dapat ditingkatkan melalui strateggi pembelajaran Snowball Throwing. di kelas IVa MIN 2 Konawe Selatan? Jenis penelitian ini adalah penenlitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaan dilakukan dengan proses pengkajian yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta melakukan refleksi, diamana teknik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisi dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksud unuk memberikan gambaran peneingkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggukan strategi pembelajaran Snowball Throwing dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan aktivitas siswa dan guru terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 79,76% atau pada kategori baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I menunjukan bahwa aktivitas siswa telah berada pada kategori baik dengan persentase 55,26%. Penerapan strategi pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 68,52 persentase hasil belajar siswa mencapai 47,62%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 69,52persentase hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan 71,43%. Sedangkan pada siklus II peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 81,42, dengan persentase ketuntasan 90,47%. Peningkatan persentase setiap siklus 1,45% dan peningkatan persentase keeluruhan sebesar 18,82%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aliwar S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING, dan HASIL BELAJAR IPA
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:19
Last Modified: 05 Dec 2018 02:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item