PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEISIO KABUPATEN KOLAKA TIMUR SKRIPSI

SITTI SUHARNI, NIM. KL.14010101023 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEISIO KABUPATEN KOLAKA TIMUR SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK2.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sitti Suharni, Nim. 14010101023. Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Metode Card Sort Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Keisio Kabupaten Kolaka Timur. Melalui bimbingan Wa Muna, S.Ag. M.Pd.I Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan metode card sort di Kelas IV SD Negeri 2 Keisio Kabupaten Kolaka Timur. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 2 Keisio Kabupaten Kolaka Timur?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Keisio. Siklus penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas IV SD Negeri 2 Keisio Kabupaten Kolaka Timur. Hal itu berdasarkan atas perolehan hasil belajar siswa yang terus mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil evaluasi pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 68.72 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,67%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 73,22 dengan persentase ketuntasan sebesar 72,22%. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,11 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100% atau keseluruhan siswa. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 2 Keisio dapat dibuktikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wa Muna, S.Ag. M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, METODE CARD SORT
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:22
Last Modified: 08 Sep 2017 07:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item