PEMBINAAN BULLYING (Studi Kasus Siswa di SMKN 1 Kendari)

SULEMAN NUR AKBAR, NIM: 14010101004 (2018) PEMBINAAN BULLYING (Studi Kasus Siswa di SMKN 1 Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sulaiman Nur Akbar, NIM. 14010101004. Judul: Pembinaan Bullying (Studi Kasus Siswa SMK) Negeri 1 Kendari (Dibimbing oleh: La Hadisi M.Pd.I) Penelitian ini mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk bullying, dampak perilaku bullying serta pembinaan bullying dan hasil penerapan pembinaan bullying di SMKN 1 Kendari, dengan tujuan untuk Mengetahui bentuk-bentuk bullying, dampak perilaku bullying serta pembinaan bullying dan hasil penerapan pembinaan bullying di SMKN 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Field research (penelitian lapangan) yaitu observasi, interview dan dokumentasi dalam pengumpulan data yang kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, member check, objektivitas, kesahihan data, dan keterandalan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk-bentuk bullying yang terdapat di SMKN 1 Kendari yaitu mengejek, memberi julukan yang menyinggung, menendang, mendorong, memukul, merusak, mempermalukan; 2) Peran guru dalam pembinaan perilaku bullying yaitu memberikan nasehat dan bimbingan secara perorangan, membangun kesadaran dan pemahaman tentang perilaku bullying dan dampaknya, bekerjasama dengan orang tua dan wali kelas, mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, bekerjasama dengan guru-guru mata pelajaran guna melakukan bimbingan pengawasann: 3) Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi bullying yaitu memanggil siswa yang terlibat dalam kasus bullying, mengintrogasi, memberikan nasehat, memberikan penanaman nilai budaya dan agama, dihadapkan dengan kepala sekolah dan jika diperlukan bisa memanggil orang tua 4) Kesulitan atau hambatan yang dialami dalam pembinaan perilaku bullying yaitu peran aktif orang tua siswa yang masih kurang, sulitnya merubah watak dan kepribadian siswa, mudahnya siswa mengulangi perilaku bullying, sebagian orang tua yang belum memahami tugas dan kewajibannya terhadap pola asuh anak didik di rumah. Kata Kunci : Bullying, Pembinaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: La Hadisi M.Pd.I)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Pembinaan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:41
Last Modified: 21 Jan 2019 06:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item