SULEMAN NUR AKBAR, NIM: 14010101004 (2018) PEMBINAAN BULLYING (Studi Kasus Siswa di SMKN 1 Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sulaiman Nur Akbar, NIM. 14010101004. Judul: Pembinaan Bullying (Studi Kasus Siswa SMK) Negeri 1 Kendari (Dibimbing oleh: La Hadisi M.Pd.I) Penelitian ini mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk bullying, dampak perilaku bullying serta pembinaan bullying dan hasil penerapan pembinaan bullying di SMKN 1 Kendari, dengan tujuan untuk Mengetahui bentuk-bentuk bullying, dampak perilaku bullying serta pembinaan bullying dan hasil penerapan pembinaan bullying di SMKN 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Field research (penelitian lapangan) yaitu observasi, interview dan dokumentasi dalam pengumpulan data yang kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, member check, objektivitas, kesahihan data, dan keterandalan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk-bentuk bullying yang terdapat di SMKN 1 Kendari yaitu mengejek, memberi julukan yang menyinggung, menendang, mendorong, memukul, merusak, mempermalukan; 2) Peran guru dalam pembinaan perilaku bullying yaitu memberikan nasehat dan bimbingan secara perorangan, membangun kesadaran dan pemahaman tentang perilaku bullying dan dampaknya, bekerjasama dengan orang tua dan wali kelas, mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, bekerjasama dengan guru-guru mata pelajaran guna melakukan bimbingan pengawasann: 3) Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi bullying yaitu memanggil siswa yang terlibat dalam kasus bullying, mengintrogasi, memberikan nasehat, memberikan penanaman nilai budaya dan agama, dihadapkan dengan kepala sekolah dan jika diperlukan bisa memanggil orang tua 4) Kesulitan atau hambatan yang dialami dalam pembinaan perilaku bullying yaitu peran aktif orang tua siswa yang masih kurang, sulitnya merubah watak dan kepribadian siswa, mudahnya siswa mengulangi perilaku bullying, sebagian orang tua yang belum memahami tugas dan kewajibannya terhadap pola asuh anak didik di rumah. Kata Kunci : Bullying, Pembinaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | La Hadisi M.Pd.I) |
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Pembinaan |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 06:41 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 06:41 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |