PEMASARAN MINYAK NILAM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus : Di Desa Matabubu Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan)

ISMAIL, NIM : 14020103040 (2018) PEMASARAN MINYAK NILAM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus : Di Desa Matabubu Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ismail, NIM. 14020103040, Pemasaran Usaha Minyak Nilam Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam: Studi Pada Desa Matabubu Kecamatan Baito Kabupaten Konawe, (Dibimbing oleh Dr. Hj. Ummi Kulsum, M.Ag. dan Dra. Beti Mulu M.Pd.I.) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana sistem pemasaran minyak nilam dalam ekonomi di Desa Matabubu Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan dalam konteks produksi, harga, promosi, dan distribusi. Urgensi penelitian ini memberikan penjelasan ilmiah tentang prosedur dalam pemasaran, metode penetapan harga dan keuntungan, manajemen risiko pembiayaan (gagal bayar), dan lebih konkret lagi implementasi dalam pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data petani nilam, pemilik pabrik,dan para pengepul. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.dan pengumpulan data menggunakan triangulasi waktu, tehnik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan (1) Pemasaran minyak nilam di Desa Matabubu masih dengan cara tradisional tanpa ada pengembangan distribusi, seperti pembuatan merek dagang, label, sistim promosi dan distribusi yang baik. (2) Problematika yang dihadapi oleh petani minyak nilam adalah bahan baku, modal,produk, harga, tentang pengetahuan tentang pemasaran yang efektif dan distribusi. (3) Pemasaran minyak nilam di Desa Matabubu ada yang bertentangan dengan ekonomi Islam dan ada yang tidak bertentangan dengan sistem ekonomi Islam, karena petani minyak nilam ada yang melakukan kecurangan dan ada yang tidak melakukan kecurangan dalam takaran dan timbangan, kemudian petani minyak nilam menjelaskan kualitas minyak nilam kepada masyarakat. 1. Kata Kunci: Pemasaran, Produksi, Harga, Promosi dan Distribusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Ummi Kulsum, M.Ag. dan Dra. Beti Mulu M.Pd.I.)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Produksi, Harga, Promosi dan Distribusi
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Jan 2019 01:24
Last Modified: 22 Jan 2019 01:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item