PEMASARAN PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH PADA PT. PRUDENTIAL LIFE INSURANCE CABANG KENDARI.

IRWAN SAPUTRA, 14020103038 (2018) PEMASARAN PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH PADA PT. PRUDENTIAL LIFE INSURANCE CABANG KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
BBA IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
BBA V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irwan Saputra, NIM. 14020103038, Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Syariah Pada PT Prudential Life Insurance Cabang Kendari, (Dibimbing oleh Sodiman, M. Ag. sebagai Pembimbing I dan Dr. Sulaemang L., M. Th.I). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran yang dilakukan oleh tenaga pemasar produk asuransi jiwa syariah PT. Prudential Cabang Kendari dan kesesuaiannya dengan pemasaran dalam Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan akan dikembangkan dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Prudential Cabang Kendari, dengan informan penelitian terdiri atas 3 (tiga) yakni Agency Diretor (AD), Agen dan Nasabah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data digunakan teknik reduksi data, display data, klasifikasi data, dan konklusi data. Berdasarkan hasilnya ditemukan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan salah satunya adalah tidak adanya dasar aturan tertulis yang dikeluarkan terkait dengan kejelasan ikatan kontrak antara agen kepada perusahaan, pemberian despensasi atau sangsi kepada setiap agen-agen yang bermasalah. Selain dari adanya permasalahan terkait dengan aturan dasar, permasalahan lainnya yang dapat mengakibatkan mekanisme pemasaran perusahaan prudential masih belum optimal adalah dikarenakan agen dalam menawarkan produknya kepada nasabah sering kali tidak memberikan informasi yang betul-betul akurat dan terpercaya. Lebih lanjut permasalahan lainnya adalah dari aspek komunikasi antara agen kepada nasabah maupun nasabah kepada agen. Ditemukan pula bahwa mekanisme pemasaran yang berjalan saat ini pada perusahaan Prudential belum memiliki kesesuaian dengan aspek syariah Islam sebagaimana yang seharusnya. Terlebih lagi ditemukan adanya ketidakjelasan yang dilakukan oleh PT. Prudential dalam hal penerapan system kerja karyawannya dan sasaran perusahaan. Ketidaksesuaian mekanisme ini antara lain : tidak adanya perbedaan system manajemen antara konvensional dan syariah, tenaga kerja yang non muslim diberikan hak dan kewenang untuk memasarkan produk syariah kepada nasabah. Hal lainnya adalah dalam prakteknya aspek nilai-nilai syariah terkait asuransi tidak dipaparkan agen kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sodiman, M. Ag. dan Dr. Sulaemang L., M. Th.I).
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Pemasaran Jasa, Asuransi, Hukum Asuransi Syariah
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Feb 2019 06:24
Last Modified: 01 Feb 2019 06:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item