Salim NIM 14010101123., S (2019) meningkatkan hasil belajar pendidikan agama ilam melalui metode kooperatif tipe jigsaw siswa klas X A1 SMAN TONGKUNO KAB. MUNA. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTRA PUSTAKA DAFTA ISI.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTRA PUSTAKA LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Salim NIM 14010101123. (Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Kooperative Tipe Jigsaw di kelas X A1 SMAN 2 Tongkuno, Kab. Muna). Dibimbing Oleh: Dra. Hj. St. Fatimah Kadir,M.A Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran pendidikan agama islam?. 2). Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas X A1 SMAN 2 Tongkuno?. 3). Apakah hasi belajar PAI siswa kelas X A1 SMAN 2 Tongkuno meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran kooperative tipe jigsaw? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK ). Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan sekunder. Prosedur penelitian ini terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi berulang sampai 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar dengan indikator kinerja ditetapkan bahwa jika mencapai 70% dan telah mencapai nilai 65 baru dinyatakan tindakan berhasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan metode pembelajaran kooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas X A1 SMAN 2 Tongkuno. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan dalam proses pembelajaran. 2) Hasil belajar belajar PAI siswa kelas X A1 SMAN 2 Tongkuno sebelum tindakan memperoleh ketuntasan belajar sebesar 25% dengan rata-rata 47,12, dan setelah tindakan siklus I persentase ketuntasan belajar mencapai 62,5% dengan nilai rata-rata 69,58. Dan ketuntasan belajar siswa setelah siklus II mencapai 70,83% dengan nilai rata-rata 75,83. Peningkatan hasil belajar siswa dari Pra siklus ke Siklus I sebesar 37,5 dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 8,33. Hasil belajar PAI siswa kelas X A1 SMAN 2 Tongkuno mengalami peningkatan setelah diterapkan metode pembelajaran kooperative tipe Jigsaw meskipun masih ada beberapa orang siswa yang hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kooperative Tipe Jigsaw, X A1 SMAN 2 Tongkuno, Kab. Muna) |
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 05:31 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 05:31 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2217 |
Actions (login required)
View Item |