STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 2 KENDARI

HARIYATI, NIM : 12010101032 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hariyati Nim 12010101032 ”Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 2 Kendari”. Program Studi Pendidikan Agama Islam (Dibimbingan oleh Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I dan Abbas, S.Ag, M.A) Penelitian ini tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMA Negeri 2 Kendari. Kajian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kendari, untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kenakalan siswa SMA Negeri 2 Kendari; dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kendari. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan agama Islam, Guru BK dan Siswa SMA Negeri 2 Kendari. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kendari tergolong dalam kenakalan ringan seperti berada di kantin pada waktu pelajaran, menyontek saat ulangan harian dengan menggunakan handphone untuk membuka google, main game dan buka facebook pada saat proses pembelajaran dan mengganggu teman dalam proses pembelajaran, membolos atau tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan, terlambat datang ke sekolah atau masuk sekolah. Dan kenakalan sedang seperti Dan kenakalan yang tergolong kenakalan sedang lompat pagar, merokok, perkelahian, tawuran. (2) Faktor penyebab kenakalan siswa SMA Negeri 2 Kendari terbagi dalam tiga faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan masyarakat, Adapun strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kendari, pertama strategi pencegahan (preventif) adapun cara pencegahan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu melalui pemberian nasehat, memberikan pendidikan agama Islam dan mengaktifkan kegiatan keagamaan di sekolah, kedua strategi penyembuhan (kuratif) adapun cara penyembuhan guru pendidikan agama Islam yaitu melalui pembinaan dilakukan di rumah, sekolah dan masyarakat, pembinaan tingkah laku siswa yang menjalani suatu hukuman akibat kenakalannya dan pemberian hukuman kepada siswa yang melakukan kenakalan sehingga menimbulkan efek jera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I dan Abbas, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, KENAKALAN SISWA
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Sep 2017 00:44
Last Modified: 23 Sep 2017 00:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item