PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VA DI MIN I KENDARI

SUARTINI, NIM.14010104021,, S (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VA DI MIN I KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DA ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DA LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SUARTINI, NIM.14010104021, Judul: Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VA di MIN 1 Kendari (Bimbingan: St. Aisyah Mu’Min, S.Ag, M.Pd) Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas Va MIN 1 Kendari, dan untuk mengetahui peningktatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Talking Stick kelas Va di MIN 1 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran bahasa Indonesia terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui metode pembelajaran Talking Stick ketuntasan siswa hanya mencapai 53,84% dengan nilai rata-rata 71,15. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 69,23% dengan nilai rata-rata 74,23. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 84,61% dengan nilai rata-81,53. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 83,3% dan ktivitas siswa mencapai 75%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 88,46% dengan nilai rata-rata 85,57. Aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama mencapai 75% dan siklus I pertemuan kedua meningkat mencapai 85%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 95,83% dan aktivitas siswa mencapai 95%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 100% dan aktivitas siswa mencapai 100%. Kata Kunci: Metode Talking Stick, Hasil Belajar, bahasa Indonesia, MIN 1 Kendari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Metode Talking Stick, Hasil Belajar, bahasa Indonesia,MIN 1 Kendari
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick, Hasil Belajar, bahasa Indonesia,MIN 1 Kendari
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:37
Last Modified: 18 Feb 2021 02:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item