Pengaruh Kecemasan dan Gender Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di MAN 1 Kendari

Novrini Yanti. NIM. 16010110027., N (2020) Pengaruh Kecemasan dan Gender Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di MAN 1 Kendari. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Biodata Peneliti.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novrini Yanti. NIM. 16010110027. “Pengaruh Kecemasan dan Gender Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di MAN 1 Kendari”. Dibimbing oleh: Halistin M.Si. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan dan gender terhadap pemahaman konsep matematika siswa di MAN 1 Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 36 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling dengan rumus slovin. Data dikumpulkan melalui observasi, pemberian angket dan soal essay. Data dianalisis menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata pemahaman konsep matematika (Y) siswa MAN 1 Kendari secara keseluruhan sebesar 58,11; Nilai ratarata kecemasan (X 1 ) tertinggi ada pada indikator kemampuan diri sebesar 3,36 dan terendah ada pada indikator jantung berdebar sebesar 2,53; Serta karakteristik gender responden laki-laki sebanyak 24 orang dan perempuan sebanyak 36 orang 2) Secara simultan, terdapat pengaruh kecemasan (X 1 ) dan gender (X 2 ) terhadap pemahaman konsep matematika (Y) siswa MAN 1 Kendari. Dimana nilai signifikansinya adalah sebesar 0,035 < 0,05 dan nilai F hitung 3,56 > dari F tabel 3,16 sehingga H 0 ditolak. Artinya minimal terdapat satu variabel bebas yang berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa 3) Secara parsial, tidak terdapat pengaruh kecemasan (X 1 ) terhadap pemahaman konsep matematika (Y) siswa MAN 1 Kendari dimana nilai signifikansi sebesar 0,122 > 0,05 dengan nilai t hitung 1,571 < t tabel 1,672 sehingga gagal tolak H 0, Jadi secara parsial tidak terdapat pengaruh variabel kecemasan (X 1 ) terhadap variabel pemahaman konsep matematika siswa (Y). Sedangkan pada variabel gender (X 2 ), terdapat pengaruh Gender (X 2 ) terhadap pemahaman konsep matematika (Y) siswa MAN 1 Kendari dimana nilai signifikansi sebesar 0,043 < 0,05 dengan nilai t hitung 2,068 > t tabel 2,002 sehingga H 0 ditolak , Jadi dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh variabel gender (X 2 ) terhadap variabel pemahaman matematis siswa (Y). Kata Kunci: Kecemasan, gender, dan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMAHAMAN, KONSEP MATEMATIKA, FAKTOR KECEMASAN DAN GENDER
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN, KONSEP MATEMATIKA, FAKTOR KECEMASAN DAN GENDER
Subjects: Ilmu Terapan
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:00
Last Modified: 18 Feb 2021 01:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item