PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN

ISMAIL, NIM. 16010107005, I (2020) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
Cover dalam (1).pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal.pengesahan.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran-converted.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ISMAIL, NIM. 16010107005 “Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA di SMPN 12 Konawe Selatan” dibimbing oleh Pembimbing, Hasrin Lamote S.Pd.,M.Sc . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Based Learning di SMPN 12 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttestII Kelas Eksperiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Konawe Selatan pada semester genap. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 12 Konawe Selatan yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar siswa berbentuk soal pilihan ganda. Penentuan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan secara random sehingga terpilih dua kelas masingmasing kelas VIIA berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII E berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Model Creative Problem solving dan Problem Based Learning sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Data dianalisis dengan menggunakan t-test pada taraf signifikansi 5 %atau α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving menunjukan nilai rata-rata sebesar 73,83 (2) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning nilai rata-rata sebesar 83,48. (3) hasil belajar IPA antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving dan problem based learning diperoleh nilai t hitung > t tabel pada taraf 0,05%, yakni 3,493 > 2,00, maka H o ditolak dan H o diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning lebih baik dibandingkan creative problem solving pada materi ekosistem. Kata kunci : Model Pembelajaran creative problem solving, model pembelajaran problem based learning, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Pembelajaran creative problem solving, model pembelajaran problem based learning, Hasil Belajar IPA
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran creative problem solving, model pembelajaran problem based learning, Hasil Belajar IPA
Subjects: Ilmu Terapan
Kinerja Guru
Pendidikan
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:40
Last Modified: 02 Nov 2020 02:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item