MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI TAKE AND GIVE SISWA DI SMP NEGERI 4 KENDARI

LISTIANI, NIM. 16010101094, L (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI TAKE AND GIVE SISWA DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTARAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK LISTIANI, NIM. 16010101094 “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Strategi Take And Give Siswa Di SMP Negeri 4 Kendari” Dibimbing Oleh Dr. Masdin, M.Pd. Penelitian ini membahas tentang penerapan strategi Take and Give yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII.4 SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan pada semester genap di kelas VII.4 SMP dengan jumlah siswa 34, dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan subbahasan “Ketentuan sholat jum‟at” dan “Islam memberikan kemudahan melalui sholat jama Qasar” dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan mengobservasi proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi dan data ketuntasan belajar yang diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan. Dengan indikator keberhasilan individu mencapai KKM yakni 73 dan ketuntasan klasikal individu mencapai 80% pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi Take and Give. Dimana nilai ketuntasan pada siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai pra siklus yakni 58,82 menjadi 67,64 dengan peningkatan Presentasi meningkat sebesar 14,99%, dengan nilai rata-rata 76,47. Namun belum mencapai nilai standar yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai Presentasi tuntas siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai Presentasi tuntas siklus I yang dari 67,64 menjadi 82,35 dengan presentasi peningkatan siklus I sebesar 21,74%, dan adapun presentasi peningkatan pada siklus II sebesar 40,00% dengan nilai rata-rata 80,23. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII.4 SMP Negeri 4 Kendari pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Take and Give, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Take and Give, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Uncontrolled Keywords: Take and Give, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:27
Last Modified: 05 Nov 2020 06:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item