SITTI NURSIAH, NIM : 14010101007 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
halaman judul_.docx Download (160kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (899kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (30MB) |
Abstract
ABSTRAK SittiNursiah. Nim 14010101007. PeningkatanPrestasiBelajarPendidikan Agama Islam (PAI) MelaluiPenerapan Model Pembelajaran Listening Team PadaSiswaKelas V SD Negeri 02 LaeyaKabupatenKonawe Selatan. dibimbingolehDra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA Permasalahanutamapadapesertadidik yang dialamikelas V SDN 02 Laeyayaitu model pembelajaran yang digunakan guru dalamkegiatanbelajarmengajar PAI masihkonvensionaldanmengakibatkansiswakeluarmasuksaat PBM, kurangnyamotivasimenulis, dan lain sebagainya. sehinggaaktivitasdanprestasipesertadidikmasihrendah. Olehkarenaitu, diperlukan model pembelajaran yang lebihmenarik, salahsatudiantaranyaadalahdengan model Listening Team. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiupayameningkatkanprestasibelajar PAI melalui model Listening Team padakelas V SDN 02 Laeya Penelitianinimenggunakanstuditindakan (Action Research) padapesertadidikkelas V SDN 02 Laeyadenganduasiklus.Model pengumpulandatanyamenggunakantes, observasidandokumentasi.Data yang terkumpuldianalisismenggunakananalisis statistic deskriptif. Prestasibelajarpesertadidikjugadapatditingkatkandenganmenerapkan model Listening Team. Dengan model ini guru mudahmerangsangkeaktivanpesertadidikmelaluikerjasamaantarkelompok. Guru jugamudahmemantauprestasipesertadidiksehinggatingkatkesukarandanpermasalahan yang dihadapiolehpesertadidikdapatdiketahuidandicarikansolusinyaoleh guru.Peningkatanprestasibelajarpesertadidikinidapatterlihatdariprasiklus, siklus I dansiklus II, secaraberturut-turutsebesar: 50%, 60 % dan 85 %. Denganbegitu target yang ingindicapaitelahterpenuhi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model Listening Teampadapembelajaran PAI mempermudahbagi guru dalammencapaitujuanbelajar yang diinginkandanmengoptimalkan / menuntaskanprestasipesertadidik.Hal initerlihatdaripresentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalpadatahapprasiklussebesar 50% padasiklus I sebesar 60%, danpadasiklus II ketuntasanbelajarpesertadidikmencapai 85%.Hal iniberarti, target yang ditetapkanpenelitiyaitustandarketuntasanprestasipesertadidiksecaraklasikalsudahtercapai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Hj. St. Fatimah Kadir, MA |
Uncontrolled Keywords: | PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM |
Subjects: | Filsafat dan Perkembanganya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 06:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 06:39 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/287 |
Actions (login required)
View Item |