Wa Noni. NIM.16010104057, W (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MI ASY-SYAFI’IYAH KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 SAMPUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wa Noni. NIM.16010104057 “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Dididk Di MI Asy-Syafi’iyah Kota Kendari.” (Dibimbing Oleh Raehang S.Ag,. M.Pd.I) Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak hal ini dapat dilihat dari nilai peserta didik pada Pra Siklus banyak yang tidak mencapai KKM dikarenakan guru jarang menggunakan metode/model pembelajaran aktif. Untuk meningkatkan hasil belajar serta melibatkan peserta didik agar aktif dalam pembelajaran maka pendidik dapat menggunakan metode/model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing dan hasil belajar peseta didik melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas IVb MI Asy-Syafi‟iyah Kota Kendari? dan Apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas IVb MI Asy-Syafi‟iyah Kota Kendari?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Snowball Throwing dengan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar. Hasil menunjukan pelaksanaannya yaitu: guru menjelaskan materi, membagi peserta didik dalam lima kelompok dengan jumlah 5 orang, peserta didik membuat satu buah pertanyaan pada selembar kertas yang telah diberikan dan membentuknya seperti bola, kemudian bola tersebut dilempar ke peserta didik yang lain selama durasi waktu 10 – 20 menit, peserta didik menjawab pertanyaan yang diperolehnya dan evaluasi disetiap akhir siklus. Penelitian menunjukan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didk kelas IVb MI Asy-Syafi‟iyah Kota Kendari melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 30.6 dengan ketuntasan belajar mencapai 24%. Setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 40% dengan nilai rata-rata 67.6. Pada siklus II mencapai 88% dengan dengan nilai rata-rata 82. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 60% dan peningkatan hasil belajar prasiklus ke siklus II sebesar 88.88%. Kata Kunci: Snowball Throwing dan Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Snowball Throwing dan Hasil belajar |
Uncontrolled Keywords: | Snowball Throwing dan Hasil belajar |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:19 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:19 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3344 |
Actions (login required)
View Item |