HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMAN 5 WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI

ASYITAH MASNAH ODE, NIM : 10 010101 050 (2014) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMAN 5 WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Asyitah Masnah Ode.10 010101 050. “Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 5 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi”. Melalui bimbingan Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. dan Burhan, S.Si. M.Sc. Prestasi belajar merupakan tolok ukur penguasaan siswa terhadap sejumlah kompetensi yang ditetapkan dalam suatu mata pelajaran. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah berkaitan dengan disiplin siswa dalam belajar. Disiplin belajar merupakan bentuk pengendalian diri seseorang dalam mengatur kegiatan belajarnya dengan mematuhi segenap aturan dan tata tertib dalam belajar yang telah ditentukan sebelumnya. Mengacu dari uraian tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat topik “Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi Kab. Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Kendari sebanyak 201. Sampel penelitian sebanyak 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Analisis menggunakan uji korelasi product momen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa di SMAN 5 Wangi-Wangi berada pada kategori tinggi. Prestasi belajar siswa di SMAN 5 Wangi-Wangi berada pada kategori baik. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi. Dari hasil uji korelasi di atas, diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r-hitung) sebesar 0.551. Selanjutnya dikonsultasikan dengan harga rtabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan df (degrees f freedom) = 50-2 = 48 sehingga diperoleh harga rtabel = 0.273. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa r-hitung lebih besar dari r-tabel (0.551 > 0.273) dan t-hitung = (4.574>t-tabel=2.20) dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMAN 5 Wangi-Wangi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. dan Burhan, S.Si. M.Sc.
Uncontrolled Keywords: DISIPLIN BELAJAR , PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 03 Oct 2017 07:11
Last Modified: 03 Oct 2017 07:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item