ASYITAH MASNAH ODE, NIM : 10 010101 050 (2014) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMAN 5 WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (72kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (26kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Asyitah Masnah Ode.10 010101 050. “Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 5 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi”. Melalui bimbingan Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. dan Burhan, S.Si. M.Sc. Prestasi belajar merupakan tolok ukur penguasaan siswa terhadap sejumlah kompetensi yang ditetapkan dalam suatu mata pelajaran. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah berkaitan dengan disiplin siswa dalam belajar. Disiplin belajar merupakan bentuk pengendalian diri seseorang dalam mengatur kegiatan belajarnya dengan mematuhi segenap aturan dan tata tertib dalam belajar yang telah ditentukan sebelumnya. Mengacu dari uraian tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat topik “Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi Kab. Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Kendari sebanyak 201. Sampel penelitian sebanyak 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Analisis menggunakan uji korelasi product momen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa di SMAN 5 Wangi-Wangi berada pada kategori tinggi. Prestasi belajar siswa di SMAN 5 Wangi-Wangi berada pada kategori baik. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMA Negeri 5 Wangi-Wangi. Dari hasil uji korelasi di atas, diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r-hitung) sebesar 0.551. Selanjutnya dikonsultasikan dengan harga rtabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan df (degrees f freedom) = 50-2 = 48 sehingga diperoleh harga rtabel = 0.273. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa r-hitung lebih besar dari r-tabel (0.551 > 0.273) dan t-hitung = (4.574>t-tabel=2.20) dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMAN 5 Wangi-Wangi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. dan Burhan, S.Si. M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | DISIPLIN BELAJAR , PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 07:11 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 07:11 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/337 |
Actions (login required)
View Item |