PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 2 WAWOLEMO

Misna Yanti. NIM. 16010104029., M (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 2 WAWOLEMO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSRTAK Misna Yanti. NIM. 16010104029. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas V di SDN 2 Wawolemo. Dibimbing oleh : Dr Muh Shaleh M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas V SDN 2 Wawolemo dengan menerapkan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Untuk meningkatkan hasil belajar di kelas V dalam pembelajaran tematik melalui model pembelajaran Everyone is a Teacher Here di SDN 2 Wawolemo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa roses pelaksaan pembelajaran Tematik dengan menerapkan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat dilaksanakan sesuai dengan tahap perencanaan dan pelaksanaan yang telah disiapkan yang mengacu kepada langkah-langkah dari model pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Dan setelah diterapkannya model pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Aktifitas guru dan peserta didik di kelas V SDN 2 Wawolemo dalam proses pembelajaran mengalami perubahan. Hasil aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 67,69% dan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 69,23%. Kemudian pada tindakan siklus II pada pertemuan pertama aktivitas guru sebesar 80,76% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 96,15%. Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I pertemuan pertama sebesar 68,18% dan pada pertemuan kedua siklus I sebesar 77,27%. Kemudian pada tidakan siklus II pada pertemuan pertama sebesar 86,36% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 90,90 Model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 2 Wawolemo. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes yang diperoleh peserta didik. pada pra siklus atau sebelum dilakukannya tindakan hasil belajar peserta didik sebesar 30,43% dengan rata-rata 61,82 kemudian setelah dilakukannya tindakan siklus I hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 43,47% dengan rata-rata sebesar 66,95 dan pada tindakan siklus II hasi belajar peserta didik meningkat menjadi 86,95% dengan rata-rata 81,30. Adapun peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 21,42% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 31,50%. Kata kunci : Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Mar 2022 00:41
Last Modified: 15 Mar 2022 00:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item