STRATEGI ORGANISASI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MTs SE- KABUPATEN KOLAKA UTARA

Irmawati Nur, Nim. 19040201010, I (2022) STRATEGI ORGANISASI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MTs SE- KABUPATEN KOLAKA UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Irmawati Nur, Nim. 19040201010. Strategi Organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Peningkatan Profesionalisme Guru MTs se- Kabupaten Kolaka Utara. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing I: Dr. Masdin, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Akib, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan strategi MGMP dalam meningkatkan profesionalisme guru MTs Se Kabupaten Kolaka Utara dan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan profesionalisme guru MTs se kabupaten Kolaka Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi, yaitu pendekatan yang digunakan untuk mengungkapkan fenomena penting dan bermakna dalam mengungkap pengalaman manusia dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi untuk mengumpulkan data, kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Strategi yang dilakukan meliputi Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi pembelajaran, memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja/musyawarah kerja untuk berbagi pengalaman, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi sistem evaluasi dan sarana penunjang, menunjang pemenuhan kebutuhan guru yang berkaitan dengan belajar mengajar, khususnya, menyebarkan informasi tentang segala kebijakan yang berkaitan dengan usaha-usaha pembaharuan dalam bidang kurikulum, metodologi sistem evaluasi dan lain-lain, dan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan hasil kegiatan MGMP dan pendukung kegiatan tersebut adalah Workshop dan seminar, Pelatihan, dan melalui pendidikan lanjutan. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya antusias guru, dana yang minim, stagnansi kepengurusan. Namun solusinya adalah memberitahukan pentingnya MGMP, meningkatkan kerjasama dengan pihak luar dan melakukan kaderisasi untuk kepengurusan berikutnya.2) Gambaran profesionalisme guru MTs se-kabupaten Kolaka Utara, dapat digambarkan dengan menggunakan tiga indikator yakni perencanaan terhadap perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang semuanya terlaksana dengan baik, kemudian ada tiga Madrasah Tsanawiyah yang menjadi pilot project yakniMTsN 1 Kolaka Utara, MTsN 2 Kolaka Utara, MTsN 3 Kolaka Utara. Kata kunci : Strategi Organisasi, MGMP, Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Organisasi, MGMP, Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Strategi Organisasi, MGMP, Profesionalisme Guru
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:09
Last Modified: 07 Apr 2022 02:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item