MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B KB ONOWA DESA KOROE ONOWA KEC. WANGI-WANGI KAB. WAKATOBI

Leni. Nim. 16010105005, L (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B KB ONOWA DESA KOROE ONOWA KEC. WANGI-WANGI KAB. WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Leni. Nim. 16010105005. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B KB Onowa Desa Koreo Onowa Kec. Wangi-Wangi Kab. Wakatobi. Dibimbing Oleh; Dr. Muh. Shaleh M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada kelompok B Kelompok Bermain Onowa desa Koroe Onowa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, hasil karya dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna melalui metode ekperimen pada kelompok B Kelompok Bermain Onowa desa Koroe Onowa Kec. Wangi-Wangi Kab. Wakatobi bahwa kegiatan bermain melalui metode eksperiman dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak. Yakni pada indikator pertama anak dapat mengenal dan menyebutkan ragam warna yaitu anak belum berkembang sebesar 0%, anak mulai berkembang sebesar 8,3%, anak berkembang sesuai harapan sebesar 75% dan anak berkembang sangat baik sebesar 16,67%. Untuk indikator kedua berkembang sangat baik sebesar 25% dengan ketuntasan baik. kemudian indikator terakhir anak dapat menunjuk ragan warna dari hasil eksperimen diantaranya anak belum berkembang dan anak mulai berkembang sebesar 0% yang sudah mengalami penurunan signifikan, anak berkembang sesuai harapan sebesar 83% dengan ketuntasan baik dalam kemampuan mengenal warna dan berkempuan sangat baik sebesar 16,67% dengan ketuntasan kurang baik dalam kemampuan mengenal warna yang menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum adanya tindakan. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Warna, Metode Eksperimen ABSTRACT Leni. Nim. 16010105005. Developing the ability to recognize colors through the experimental method in group B Play Group Onowa, Koroe Onowa Village, Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency. Supervised by: Dr. Muh. Shaleh M.Pd. This study was aimed to find out how to develop the ability to recognize colors through the experimental method in group B Play Group Onowa, Koroe Onowa village. This research used method classroom action research. The technique of collecting data is observation, masterpiece, and documentations. While the technique of analyzing data of this study was applied by using the classroom actions research formula. The finding of the research shows that the ability to recognize colors through the experimental method in group B Play Group Onowa, Koroe Onowa Village, Wangi-Wangi District, Wakatobi regency can improve the children’s color recognition ability. On the first indicator, the children can recognize and names of a variety of colors. There are 0% of the children who have not developed, 83% started to develop, 75% progressed as expected, and about 16,6 developed very well. Next, the second indicator showed that the children’s development very well, namely, there are 25% with good completeness. Moreover, the last indicator is the children can show a variety of colors from the results of experiments, including the children have not developed and children are starting to develop. Around, 0% which has experienced a significant decline. However, there are the children who developed as expected with good completeness in the ability to recognize color about 83%. Then, around 16,6% have a very good ability with poor completeness in the ability to recognize colors which shows an increase from before the action. Keywords: The Ability to Recognize Colors, Experimental Met

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Warna, Metode Eksperimen
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:12
Last Modified: 15 Jul 2022 01:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item