PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs IBNUL AMIN TAMPABULU KECAMATAN POLEANG UTARA KABUPATEN BOMBANA

ZAINUDDIN, NIM. 10 01 01 01 059 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs IBNUL AMIN TAMPABULU KECAMATAN POLEANG UTARA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (110kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Zainuddin, NIM.10010101059.Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana (Dibimbing oleh: Zulaeha, M.Ag. dan Raehang, S.Ag, M.Pd.I) Kata kunci: Pengaruh, Pendidikan Karakter, Akhlak Siswa. Skripsi ini membahastentang pengaruh pendidikan karakter terhadap akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana. Dengan rumusan masalah 1). Bagaimana gambaran pendidikan karakter di MTs Ibnul Amin Tampabulu?, 2). Bagaimana gambaran Akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu?dan 3). Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap Akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu? Tujuan penelitianini untuk mengetahuigambaran pendidikan karakter, serta Akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu dan pengaruh pendidikan karakter terhadap Akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola analisis statistika, populasi penelitian berjumlah 64yang terdistribusi pada 3 kelas, dan peneliti tidak menyertakan kelas VII yang berjumlah 25 orang yang baru masuk sebagai siswa baru. Dengan demikian sampel penelitian sebanyak 39responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptifdan analisis inferensial yang menempuh langkah-langkah a).Uji persyaratan analisis variabel X dan Y, b). Persamaan Regresi Linear Sederhana, c). Menentukan angka indek korelasi, d). Menentukan rsquer, dane). Pengujian hipotesis uji signifikan (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data variabel Xmenunjukkan nilai Mean = 62.74359 dari sekor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Xyakni 24 =61.53846% berada pada interval 81-100%, dengan demikian ini umunya menunjukkan pendidikan karakter di MTs Ibnul Amin Tampabulu Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombanapada kategori sangat baik. 2). Analisis deskriptif data variabel Ymenunjukkan nilai Mean = 62.38462 dari sekor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y yakni19 = 48.71795%yang berada di interval 61-80 dan 81-100 dengan demikian ini umunya menunjukkan Akhlak siswa di MTs Ibnul Amin Tampabulu Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana pada kategori baik dan sangat baik, 3). Analisis inverensial menunjukan terdapat pengaruhpositif pada kategori sedang dan signifikansecara parsial variabel independen terhadap variabel dependendengan ditemukannya rhitung≥ rtabel.(0.317 ≥ 0.316)dan uji signifikan thitung ≥ ttabel(2.034 ≥ 1,687),maka H1diterima dan Ho ditolak, denganbesarnya r squer10.063%, sedangkan sisanya 89.936% dijelaskan oleh peubah lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulaeha, M.Ag. dan Raehang, S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER,AKHLAK SISWA
Subjects: Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Oct 2017 01:12
Last Modified: 07 Oct 2017 01:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item