ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA SMA NEGERI 04 BOMBANA

NURSALEHA, 17010109011, N (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA SMA NEGERI 04 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK NURSALEHA, 17010109011. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi-Mipa Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri 04 Bombana (DIbimbing oleh: Zainuddin S.Pd M.Pd) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 tahun 2006 menyebutkan bahwa standar kompotensi kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan teknologi jenjang sekolah menegah atas memiliki tujuan untuk membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi secara logis, kritis, kreatif dan secara mandiri. Namun pada kenyataanya, banyak peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tetapi sulit diketahui, sehingga berpikir kreatif menjadi isu yang menarik dikalangan peneliti. Penelitian. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI-MIA pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 04 Bombana (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi berpikir kreatif peserta didik dikelas XI-MIPA pada mata pelajaran fisika SMA Negeri 04 Bombana. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 04 Bombana. Data pelaksanaan diperoleh melalui angket, tes dan wawamcara. Sedangkan data kemampuan berpikir kreatif peserta didik diperoleh melalui angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) menunjukkan bahwa rata-rata 52,93 peserta didik memiliki kriteria cukup kreatif. Ini berarti bahwa peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Bombana cenderung memiliki kemampuan yang cukup baik dalam berpikir kreatif berdasarkan data dan informasi serta baik dalam menemukan banyak kemugkinan menjawab persoalan secara operasional. (2) peneliti juga bisa mengetahui faktor kemampuan berpikir kreatif dikelompokkan peserta didik yang laki-laki dan peserta didik perempuan. Rata-rata laki-laki diperoleh nilai 53,15 sedangkan untuk rata-rata perempuan diperoleh nilai 52,75. Ini menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki jenis kelamin laki-laki memiliki keunggulan dalam menjawab soal daripada perserta didik perempuan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir, Berpikir Kreatif, Analisis. ABSTRACT NURSALEHA, 17010109011. Analysis of students’creative thinking ability class XI-Mipa in physics subject at SMA Negeri Bombana (Supervised by: Zainuddin S.Pd M.Pd Minister of national education regulation no. 23 0f 2006 states that the competency standard for natural science and technology subject groups at the high school level has the aim of developing and applying information, knowledge, and technology logically, critically, creatively and independently. But in fact, many students have creative thinking skills but is difficult to know, so creative thingking becomes an interesting skills of students in class XI-MIA in physics at SMA Negeri 04 Bombana (2) to describe the factors that influence creative thinking in students in class XI-MIPA SMA Negeri 04 Bombana. Implementation data were obtained through questionnaires, tests and interviews. Meanwhile, data on students’ creative thinking abili ties were obtained through a questionnaire. The results of this study indicate that: (1) indicaters that an average of 52.93 students have quite creative criteria. This means that students of class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana tend to have a fairly good ability to think creatively based on data and information and are good at finding many possibilities to answer problems operationally. (2) researchers can also find out the factors of creative thinking ability grouped by male students and female students. The average score for men is 53.15 while the average value for women is 52.75. this shows that male students have an advantage in answering questions than female students. Keywords: thingking ability, creative thingking, analysis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kemampuan Berpikir, Berpikir Kreatif, Analisis.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir, Berpikir Kreatif, Analisis.
Subjects: Fisika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:31
Last Modified: 19 Aug 2022 08:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item