HARSINTA. NIM. 18010101121, H (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU JENUH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA DI PONDOK PESANTREN ULYA DARUL IHSAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (767kB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK HARSINTA. NIM. 18010101121. Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Jenuh Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Di Pondok Pesantren Ulya Darul Ihsan Kabupaten Konawe Selatan. Dibimbing Oleh: Dra. Hj. Marlina M.Pd. I & Dr. La Hadisi S. Ag, M.Pd. I. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang strategi guru dalam mengatasi perilaku jenuh pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di Pondok Pesantren Ulya Darul Ihsan. Objek penelitian ini adalah pimpinan Pondok Pesantren Darul Ihsan, kepala madrasa Pondok Pesantren Ulya Darul ihsan, guru akidah akhlak dan siswa Pondok Pesantren Ulya Darul Ihsan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhik observai, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Mails & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran lainnya seperti strategi pembelajaran kooperatif, (2) faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar akidah akhlak siswa yaitu: (a) Cara guru dalam menyampaikan materi yang dipelajari kurang menarik bagi siswa, (b) Kurangnya media pembelajaran, (c) Suasana ruang kelas yang kurang mendukung, (d) Waktu pelaksanaan pembelajaran di siang hari, (e) Metode mengajar guru yang monoton, (f) Kondisi ruang belajar yang kurang memadai/kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. (3) strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu: memberikan motivasi atau pencerahan kepada siswa agar siswa merasa terdorong untuk focus dalam mengikuti proses pembelajaran, melakukan ice breaking, mengubah metode mangajar, menegur siswa yang melamun dan saling mengganggu temannya, serta memvariasikan strategi pembelajaran seperti, strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw, team game tournament (TGT), STAD (Student Team Achievement Divicion). Kata Kunci: strategi dan kejenuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi |
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 02:01 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:01 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3774 |
Actions (login required)
View Item |