PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 ROKO-ROKO KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

K U S N O, NIM : 11010101137 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 ROKO-ROKO KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Kusno. 11010101137. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko”. Melalui bimbingan Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si. dan Aliwar, S.Ag. M.Pd. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keadaan lingkungan keluarga siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawoni’i Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan; 2) Bagaimana prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawoni’i Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan; 3. Apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko Kecamatan Wawoni’i Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2 Roko-Roko. Sampel penelitian ini sebanyak 58 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada responden. Analisis menggunakan uji korelasi product momen dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa lingkungan keluarga siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil kategorisasi skor nilai rata-rata (mean), nilai tengah (median), dan nilai yang sering muncul (modus) memiliki persentase yang berada pada interval 61-80% dengan kategori baik. Prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko dikategorikan baik. Berdasarkan hasil kategorisasi nilai rata-rata (mean) = 79,949; nilai tengah (median) = 80,08; dan nilai yang sering muncul (mode) = 79,42; ketiga nilai central tendency data tersebut berada pada interval (70-84) dan dapat dikategorikan baik. Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,167 > 2,003). Dengan demikian dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa variabel lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Roko-Roko. Kata kunci: lingkungan keluarga, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si. dan Aliwar, S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, prestasi belajar
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:32
Last Modified: 10 Oct 2017 01:32
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item