KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATANSAINTIFIKDI SD NEGERI 1 RAKADUA KAB. BOMBANA

ANDI MEGAWATI, NIM. 10010101018 (2015) KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATANSAINTIFIKDI SD NEGERI 1 RAKADUA KAB. BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI MEGAWATI, Nim. 10010101018“Kesiapan Guru Dalam Implementasi Pendekatan SaintifikDi SD Negeri 1 Rakadua Kab. Bombana, MelaluiBimbinganDr. Nur Alim, M.Pd. dan Ibu Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd Penerapan kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional telah resmi diberlakukan secara bertahap sejak tahun ajaran 2013/2014. Saat ini, penerapan kurikulum 2013 telah memasuki tahun kedua. Namun, hasil pengamatan penulis di lapangan menunjukkan bahwa proses pengelolaan pembelajaran di kelas tidak banyak berubah. Penulis menduga hal itu mungkin saja terkait dengan kesiapan Guru yang tidak memadai dalam penerapan kurikulum 2013. Bertolak dari itu, penulis tertarik untuk mengungkapkan kesiapan Guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 1 Rakadua. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN 1 Rakadua dan bagaimana kesiapan Guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 1 Rakadua Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 1 Rakadua. Sumber data penelitian ini adalah Guru SD Negeri 1 Rakadua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik trianggulasi yaitu trianggulasi tekhnik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Guru SD Negeri 1 Rakadua memiliki persepsi yang positif terhadap kebijakan penerapan kurikulum 2013. Kesiapan Guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Rakadua dikemukakan bahwa: (1) Guru SD Negeri 1 Rakadua belum memiliki kesiapan yang memadai dalam mengelola perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 (2) Guru SD Negeri 1 Rakadua memiliki kompetensi yang cukup memadai untuk menyelenggarakan pembelajaran tematik. Namun, proses pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Rakadua tidak berjalan optimal karena adanya beberapa kendala antaran lain siswa belum terbiasa dan keterbatasan sarana dan prasarana. (3) Sistem penilaian dalam kurikulum 2013 belum sepenuhnya dapat dilakukan oleh Guru SD Negeri 1 Rakadua. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sebagian besar Guru SD Negeri 1 Rakadua masih bingung dengan teknis pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 terutama dalam penilaian sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Alim, M.Pd. dan Ibu Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: GURU, IMPLEMENTASI, SAINTIFIK
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Oct 2017 00:58
Last Modified: 11 Oct 2017 00:58
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item