STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU SMPN 26 POLEANG TIMUR KEC. POLEANG TIMUR KAB. BOMBANA

RADIATUL ADABIA, NIM: 11010101047 (2015) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU SMPN 26 POLEANG TIMUR KEC. POLEANG TIMUR KAB. BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (97kB)
[img] Text
Bab 1-3.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK RADIATUL ADABIA, Nim. 11010101047. Judul: “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru SMPN 26 Poleang Timur Kec. Poleang Timur Kab. Bombana”, melalui bimbingan Dr. H. Pairin, MA, dan Fahmi Gunawan, S.S, M.Hum. Penelitian ini membahas Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru SMPN 26 Poleang Timur Kec. Poleang Timur Kab. Bombana. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas guru di SMPN 26 Poleang Timur dan mendiskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMPN 26 Poleang Timur. Mengapa penulis melakukan penelitian ini sebab untuk menambah pengalaman peneliti khususnya yang berkenaan masalah penelitian, menambah pengetahuan mengenai kelebihan atau kekurangan dari strategi atau kualitas guru, dan sekaligus memberikan sumbangan pikiran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SMPN 26 Poleang Timur. Berbagai teori yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya teori Abu Ahmadi, Wahyudi, Kunandar, dan Cece Wijaya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Strategi kepalah sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMPN 26 Poleang Timur adalah; Perencanaan di antaranya a). mengikutkan guru dalam pelatihan-pelatihan pendidikan keprofesionalan, b). sering mengadakan rapat semester dan setiap bulannya dan wajib adanya dalam setiap triwulan (tengah semester), c). mengadakan diskusi antara guru-guru dan kepala sekolah diwaktu senggang), d). berkunjung ke sekolah lain guna mendapatkan wawasan baru. Bagian Pelaksanaan: a). membimbing guru-guru tentang cara-cara mempelajari pribadi dan atau mengatasi problem yang dialami murid, b). membimbing guru-guru dalam pelaksanaan kurikulum sekolah, c). mengevaluasi guru setiap tengah semester (3 bulan). Di dalam pengawasan terdiri dari: a). mengadakan observasi terkadang 2 kali seminggu, b). mengadakan kunjungan kelas, c). mengadakan piket setiap hari dan sangat disiplin dalam bekerja. (2). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Kualitas guru di SMPN 26 Poleang Timur tergolong baik berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diantaranya adalah Memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mempunyai jiwa kreatif dan produktif, Memiliki semangat juang yang tinggi, Mampu mewujudkan dirinya dalam perkembangan IPTEK, Memiliki etos kerja yang kuat, semakin disiplin dan tepat waktu salah satunya dengan jadwal piket, kemudahan dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan adanya persediaan sarana dan prasarana seperti buku paket, jenis alat praga dll. Guru telah memenuhi kriteria guru yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Pairin, MA, dan Fahmi Gunawan, S.S, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: KEPALA SEKOLAH, KUALITAS GURU
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:08
Last Modified: 11 Oct 2017 01:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item