PENGARUH PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN

SULTRYANI, NIM : 11010101044 (2015) PENGARUH PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Sultryani, Nim. 11010101044, “ Pengaruh Pengajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Pengamalan Ibadah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe Selatan “. ( dibimbing oleh Isna Humaerah, S.Ag,S.pd,M.pd Selaku pembimbing II dan Dr .Supriyanto,M.Ag selaku pembimbing I). Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pengajaran Pendidikan Agama Islam yang memberikan pengaruh tehadap pengamalan ibadah siswa. Ini terlihat dari perubahan yang terjadi pada pengajaran guru Pendidikan Agama Islam yang memberikan contoh yang baik tentang pengamalan ibadah kepada siswanya agar dapat dijadikan contoh oleh siswanya untuk di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi manusia yang bertakwa dan beriman, Dalam penelitian ini penulis ingin mengungkapkan bahwa bagaimana pengajaran Pendidikan Agama Islam dalam hal materi, metode, media, dan sistem evaluasi yang digunakan sehingga siswa dengan mudah memahami dan menjalankannya dengan baik, apa yang diberikan oleh guru, serta bagaimana pengamalan ibadah siswa dalam hal melaksanakan sholat 5 waktu, berdoa, dan berzikir, dan ada atau tidak adanya pengaruh pengamalan Ibadah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe Selatan. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe Selatan, populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI dan kelas XII, dan sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil secara acak( random sampling) dari jumlah populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X : pengaruh pengajaran pendidikan agama Islam, variabel Y : pengamalan Ibadah siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis pengumpulan data yang digunakan adalah statistic dengan pendekatan kuantitatif analisis deskriftif, yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial yaitu analisis regresi liniear, korelasi product moment, koefisien determinan dan uji sigifikan (uji fisher). Bedasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung = 8,54 dan nilai Ftabel pada taraf signifikan : α = 5% (0,05) dan dk = 40– 2 = 38 maka Ftabel = 4,10. Dengan demikian, karena Fhitung = 8,54 > Ftabel = 4,10 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengajaran pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Isna Humaerah, S.Ag,S.pd,M.pd dan Dr .Supriyanto,M.Ag
Uncontrolled Keywords: PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , PENGAMALAN IBADAH
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:41
Last Modified: 11 Oct 2017 02:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item