DIALEKTIKA ANTARA PENDIDIKAN MORAL DAN LINGKUNGAN PASAR (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH BARUGA KOTA KENDARI)

Fanny Fauziah Djibran. 18010101046., F (2023) DIALEKTIKA ANTARA PENDIDIKAN MORAL DAN LINGKUNGAN PASAR (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH BARUGA KOTA KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB III FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB V FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA & LAMPIRAN FANNY FAUZIAH DJIBRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fanny Fauziah Djibran. 18010101046. “Dialektika Anatara Pendidikan Moral Dan Lingkungan Pasar (Studi Kausus Di Madrsah Tsanawiyah Asy-syafi’iyah Baruga Kota kendari)”. Dibimbing Oleh: Drs. H. Samsu M.Pd dan DR. Abdul Muiz Amir Lc., M.Th.I Skripsi ini membahas dialektika antara pendidikan moral dan lingkungan pasar. peneliti tertarik untuk menyoroti sistem pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah AsSyafi’iyyah sebagai objek penelitian, dimana sekolah tersebut menerapkan kurikulum yang berbasis pada pendidikan Islam. Namun pada saat yang bersamaan, ia juga terletak di lokasi pemukiman pasar Baruga, Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak, siswa, orang tua siswa dan masyarakat. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak telah terlaksana dengan baik, hal ini dapat di lihat dari pelaksanaan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dalam kegiatan inti guru menggunakan metode pembelajaran dengan menyesuaikan dengan keadaan, Kesenjangan antara pendidikan moral dan prilaku sosial siswa terjadi karena adanya ketidaksinkronan nilai moral yang diajarkan dan yang ditanamkan sekolah sering berbeda dengan situasi moral yang ada di lingkungan pasar, sehingga pendidikan moral di MTs Asy-Asyafi’iyah yang ikut melemah, dalam unsur pembiasan dan pendidikan moral, kurangnya mendukungnya unsur modeling dalam kehidupuan moral siswa, dan lemahnya pembahasan tetang konflik moral yang ada disekolah sehingga lingkungan pasar lebih mendominasi. Dampak negatif nya adalah merusak integritas madrasah, dan dampak positifnya adalah adanya MTs yang berdiri berlokasi tidak jauh dari pasar dapat mewarnai suasana pasar dengan nilai-nilai moral seperti toleransi, religius, jujur, kerja keras, demokratis, peduli lingkungan, peduli sosial. Dan tanggung jawab. Kata kunci : Pendidikan Moral, Lingkungan Pasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendidikan Moral, Lingkungan Pasar
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Lingkungan Pasar
Subjects: Pendidikan
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:18
Last Modified: 24 Feb 2023 01:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item