PERAN TPQ NUR HUDA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN ANAK DI DESA KASIMPA JAYA

DEWI RATNA NINGSIH 18010101113., D (2023) PERAN TPQ NUR HUDA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN ANAK DI DESA KASIMPA JAYA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK DEWI RATNA NINGSIH 18010101113. Peran TPQ Nur Huda Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-qur’an Anak Di Desa Kasimpa Jaya. Dibimbing Oleh : Dr.H. Abdul Kadir M.Pd dan Raehang S.Ag. M.A. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peran TPQ Nur Huda dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur‟an pada anak di TPQ Nur Huda Desa Kasimpa Jaya. (2)untuk mengetahui bentuk kegiatan dan waktu pembelajaran di TPQ Nur Huda dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur‟an pada anak.(3) untuk mengetahui kendala dalam proses pembelajaran Al-qur‟an di TPQ Nur Huda. TPQ Nur Huda memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai diantaranya yaitu ruang belajar yang berada didalam mushalah, meja belajar, papan tulis, lemari Al-qur‟an, tempat wudhu/wc dan lain sebagainya. Objek penelitian ini adalah TPQ Nur Huda yang terdiri dari pengurus TPQ Nur Huda, anak-anak TPQ Nur Huda, dan orang tua anak-anak yang belajar di TPQ Nur Huda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau Klasifikasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) TPQ Nur Huda berperan dalam meningkatkan bacaan Al-qur‟an pada anak melalui proses pembelajaran, yang mana cara yang dilakukan oleh lembaga Nur Huda dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an antara lain manajemen, adanya pendidik atau guru yang mengajar serta media pembelajaran. (2) Kegiatan dan waktu pembinaan di TPQ Nur Huda, meliputi kegiatan pembelajaran yang dimulai dari ba‟da magrib hingga waktu isya, yang mana bentuk kegiatan pembelajaran disetiap malam berbeda-beda sehingga anak-anak bisa belajar pembelajaran yang lain bukan hanya belajar Alqur‟an saja. Kemudian dengan adanya metode pembelajaran, sistem kurikulum, serta evalausi pembelajaran membuat kegiatan pembelajaran di TPQ Nur Huda menjadi terarah. (3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur‟an pada anak di TPQ Nur Huda Desa Kasimpa Jaya yaitu watak anak-anak yang berbeda-beda sehingga ada kendala dalam kegiatan pembelajaran akibatnya berpengaruh dalam kemampuan baca Al-qur‟an pada anak, seperti bacaan Al-qur‟an nya masih kurang baik dari tajwid, makhrajiul huruf dan panjang pendek bacaannya. Kemudian masih senang bemain, kurang patuh pada gurunya, jika dikasih tahu tidak mendengar, susah diatur dan lain sebagainya. Selain itu juga dengan semakin majunya perkembangan zaman anak-anak lebih cenderung bermain gadget/hp, yang menyebabkan anak-anak susah untuk belajar Al-qur‟an. Kata Kunci: Peran TPQ, Kemampuan Baca Al-qur’an ABSTRACT DEWI RATNA NINGSIH 18010101113. The Role of TPQ Nur Huda in Improving Children's Al-Qur'an Reading Ability in Kasimpa Jaya Village. Supervised By: Dr.H. Abdul Kadir M.Pd and Raehang S.Ag. M.A. This study aims (1) to determine the role of TPQ Nur Huda in improving the ability to read the Koran in children at TPQ Nur Huda Kasimpa Jaya Village. (2) to find out the form of learning activities and time at TPQ Nur Huda in improving the ability to read the Koran in children. (3) to find out the obstacles in the process of learning the Koran at TPQ Nur Huda. TPQ Nur Huda has adequate facilities and infrastructure including a study room in the prayer room, study desks, blackboards, Al-Quran cupboards, places for ablution/wc and so on. The object of this study was TPQ Nur Huda which consisted of TPQ Nur Huda administrators, TPQ Nur Huda's children, and parents of children studying at TPQ Nur Huda. This study uses qualitative research methods and is presented in a descriptive form. Data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out by means of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions or data classification. The results of the study show that (1) TPQ Nur Huda has a role in increasing AlQur'an reading in children through the learning process, which is the method carried out by the Nur Huda institution in improving Al-Qur'an reading skills including management, the existence of educators or teachers who teach and learning media. (2) Activities and coaching time at TPQ Nur Huda, includes learning activities that start from evening sundown to evening time, in which the form of learning activities every night is different so that children can learn other lessons, not just study the Alqur' just fine. Then, with the existence of learning methods, curriculum systems, and learning evaluations, learning activities at TPQ Nur Huda are directed. (3) the obstacles encountered in learning in improving the ability to read the Koran in children at TPQ Nur Huda, Kasimpa Jaya Village, namely the different character of the children so that there are obstacles in learning activities as a result of which affect the ability to read the Koran' an in children, such as reading the Koran is still not good compared to tajwid, makhrajiul letters and the length and short reading. Then they still like to play, they are less obedient to their teachers, if they are told they don't listen, they are difficult to manage and so on. Apart from that, with the increasingly advanced development of the era, children are more likely to play gadgets/cell phones, which makes it difficult for children to learn the Qur'an. Keywords: The Role of TPQ, Ability to Read Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran TPQ, Kemampuan Baca Al-qur’an
Uncontrolled Keywords: Peran TPQ, Kemampuan Baca Al-qur’an
Subjects: Bimbingan Dan Penyuluhan
Budaya Organisasi
Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:12
Last Modified: 09 Mar 2023 07:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4446

Actions (login required)

View Item View Item