MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 WAKORUMBA SELATAN KABUPATEN MUNA

FITRIYANINGSI, NIM. 13010101034 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 WAKORUMBA SELATAN KABUPATEN MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FITRIYANINGSI, NIM.13010101034, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna, (Dibimbing Oleh:Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd. I). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna pada kelas VII B pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 25 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki adalah faktor siswa, guru dan materi. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa mendapat nilai >70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Tes awal menunjukkan bahwa 25 siswa memperoleh nilai rata-rata 68,6. Hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 77, 44 dengan ketuntasan secara klasikal 76% atau siswa yang memperoleh nilai >70 sebanyak 19 orang dari 25 orang jumlah siswa. Selanjutnya, hasil tes siklus II memperlihatkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 85,4 dengan ketuntasan secara klasikal 88% atau siswa yang memperoleh nilai >70 sebanyak 22 orang siswa dan 3 orang siswa belum mencapai nilai 70, maka pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PAI, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:09
Last Modified: 20 Oct 2017 07:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item