KORELASI ANTARA CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMPN 3 ANGATA KEC. ANGATA KAB. KONAWE SELATAN

NISAS JUNIATIN T., Nim. 07 010101 424 (2013) KORELASI ANTARA CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMPN 3 ANGATA KEC. ANGATA KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER@ - Co.docx

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (96kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
2. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK NISAS JUNIATIN T., NIM. 07 010101 424. “Korelasi Antara Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMPN 3 Angata Kec. Angata Kab. Konawe Selatan”, melalui bimbingan Ibu Dra. Hj. Nurseha Gazali, M.Si dan Bapak Aliwar S. Ag., M.Pd. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar. Prestasi belajar juga merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar. Ada beberapa factor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar salah satunya adalah berkaitan dengan cara belajar yang baik. Seorang siswa yang mempunyai kepandaian atau intelektual yang pas-pasan dapat saja memperoleh hasil yang baik dalam belajar karena memakai cara-cara atau metode belajar yang tepat. Hal inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan topik “Korelasi Antara Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMPN 3 Angata. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 3 Angata Kec. Angata Kab. Konawe Selatan. Untuk itu, diajukan sebuah hipotesis bahwa terdapat hubungan cara belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI Di SMPN 3 Angata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang analisis datanya menggunakan analisis statistic. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa cara belajar siswa SMPN 3 Angata berada pada kategori baik. Prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 3 Angata berada pada kategori baik. Terdapat korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 3 Angata dengan koefien korelasi sebesar (rhitung) 0.402. Angka tersebut lebih besar dari harga rtabel sebesar 0.304. Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa korelasi dari kedua variable bersifat positif sehingga dapat diinterpretasikan bahwa semakin baik cara belajar siswa maka akan semakin tinggi pula pencapaian prestasi belajarnya, demikian pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CARA BELAJAR, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 03 Nov 2017 08:11
Last Modified: 03 Nov 2017 08:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item