PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI LAMBUSA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN

RIRIN SETIAWATI, 08 01 01 01 046 (2012) PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI LAMBUSA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
cover proposal.docx

Download (163kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB IVUKI.docx

Download (65kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAFTAR INFORMAN PENELITIAN.docx

Download (13kB)

Abstract

Ririn Setiawati. 08010101046. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Lambusa Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan dibimbing oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA dan Rasmi, S.Ag Secara mikro faktor pengelolaan pendidikan dalam hal ini guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Bahkan dalam aspek kemasyarakatan guru tetap menjadi sosok yang selalu memberikan contoh dan keteladanan kepada anak didik. Oleh sebab itu, untuk menciptakan manusia yang berakhlak, cerdas, kreatif, mandiri dan berguna maka seorang guru harus memiliki seperangkat pengetahuan, dalam hal ini kompetensi guru. Untuk itu seorang guru harus biasa membangkitkan minat belajar siswa sehingga anak didik yang pada mulanya tidak ada hasrat untuk belajar tetapi karena ada faktor yang mendorongnya maka maka munculah minat untuk belajar. Skripsi ini mengkaji tentang kompetensi guru pendidikan agama islam terhadap minat belajar siswa. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guruberdasarkan UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen menyatakan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi propessional yang diperoleh melalui pendidik profesi. Dengan semakin baik komptensi guru maka akan semakin baik pula minat belajar siswa, Simanjuntak mengartikan minat sebagai suatu motif yang menyebabkan individu berhubungan secara aktif dengan sesuatu yang menariknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, serta ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini. Adapun pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Guru di SDN Lambusa telah menunjukkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugasnya, namun masih memerlukan peningkatan karena menghadapi tantangan era globalisasi mereka harus mampu menghasilkan output yang berkualitas. 2) Siswa di SDN Lambusa memiliki motivasi belajar yangberbeda-beda, selain motivasi yang datang dari luar diri siswa dalam hal ini adalah guru. 3) Profesionalisme guru di SDN Lambusa, yang telah terlaksana dengan baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Meningkatkan Motivasi Belajar
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:45
Last Modified: 06 Nov 2017 03:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item