MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI AL-MUHAJIRIN KENDARI

RINI KASTIA, 13010104035 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI AL-MUHAJIRIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
1 COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rini Kastia “Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Pada Siswa Kelas IV MI Al-Muhajirin Kendari” (Dibimbing oleh Dra. Hj. St Fatimah Kadir, MA) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas IV MI AlMuhajirin Kendari. Masalah yang dikemukakan dari penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IV MI Al-Muhajirin Kendari?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Muhajirin Kendari, penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran fiqih dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi berulang sampai 2 siklus. teknik pengumpulan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar dengan indikator kinerja ditetapkan bahwa jika mencapai 70% dan telah mencapai nilai 65 baru dinyatakan tindakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 57,14% dengan nilai rata-rata 69,04 siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 12 orang dan yang tidak mencapai Ketuntasan sebanyak 9 orang. Hasil belajar Fiqih mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 meningkat menjadi 32,14%. Pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat 80,95% dengan nilai rata-rata 78,61 siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dan yang tidak mencapai ketuntasan 4 orang. terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 23,81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:07
Last Modified: 16 Nov 2017 03:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item