KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 KENDARI

NOVIANTI, Nim : 13010103035 (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NOVIANTI. NIM 13010103035. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Kendari kecamatan baruga kota kendari, dibimbingoleh Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M. Pd.I Skripsi ini membahas tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA Negeri 5 Kendari. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 5 Kendari, (2) Bagaimana Profesionalisme Guru (3) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini penulis menggunakan tehnik kualitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara kepala sekolah dan guru, mengobservasi dan melakukan dokumentasi. Hasil penelitian yang dikemukakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama yang dilakukan di SMA Negeri 5 Kendari dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Kepala sekolah juga melakukan (1) pembinaan pengembangan peningkatan profesionalisme guru dengan mengikutsertakan guru pada pelatihan-pelatihan dan kegiatan workshop terkait peningkatan profesionalisme guru dan memberdayakan kegiatan MGMP di sekolah. (2) pemberian teladan kepada guru dalam hal kedisiplinan dan member teguran bagi guru yang melanggar peraturan dengan cara berdialog. (3) pemberian motivasi dan nasehat, hal ini dilakukan agar menjalin hubungan dan kerjasama yang baik antar guru dan kepala sekolah sehingga rasa kekeluargaan tetap ada. (4) melakukan diskusi atau dialog dan kerjasama terpimpin. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan memberi dukungan penuh pada guru dalam hal peningkatan profesionalisme guru seperti memberi peluang bagi guru untuk tetap lanjut study, mengikut sertakan para guru dalam pelatihan-pelatihan, workshop yang diselenggarakan di dalam lembaga sekolah maupun di luar, selain itu kepala sekolah sering melakukan diskusi terpimpin dan sarana prasarana yang mendukung peningkatan profesionalisme guru di SMA Negeri 5 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN, KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISM, GURU, DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:19
Last Modified: 24 Nov 2017 08:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item