MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE GALLERY WALK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI MIPA 4DI SMAN 4 KENDARI

NUNI SUMARTINI, NIM : 13010101123 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE GALLERY WALK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI MIPA 4DI SMAN 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nuni Sumartini, NIM 13010101123 Meningkatkan Hasil Belajar melalui metode Gallery Walk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Mipa 4 di SMA Negeri 4 Kendari, Di Bimbing oleh (Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd). Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang peningkatan hasil belaja siswa melalui model pembelajaran Gallery Walk, Pemasalahan dibatasi hanya satu yaitu Apakah penerapan metode gallery walk (pameran berjalan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI MIA 4 di SMA Negeri 4 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian ini adalah tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki prosese pembelajaran dikelas, seperti halnya pada SMA Negeri 4 Kendari, dimana prosedur penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai pada faktor yang diteliti yang berdasarkan hasil awal yang beupa obsevasi dan wawancara langsung dengan Guru Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode Gallery Walk. Adapun pelaksanaan tindakan tersebut mengikuti posedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Dalam penelitian ini, pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan bahwa melalui penerapan metode Gallery Walk pokok bahasan syaja’ah,Kejujuran dan pentingnya mengimani kitab-kitab Allah SWT. Bahwa Hasil Belajar Siswa kelas XI Mipa 4 di SMA Negeri 4 Kendari dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukan pada nilai siswa setelah tindakan siklus 1 meningkat dibandingkan nilai tes awal yakni 4,21 menjadi 60,5, Namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai ratarata siswa siklus II meningkat dibandingkan nilai rata-rata siklus I yang 60,5 menjadi 86,8% dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa telah mendapat nilai minimal 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, METODE GALLERY WALK,
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Dec 2017 01:45
Last Modified: 05 Dec 2017 01:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item