PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TIKEP KAB. MUNA BARAT

ERMAWAT, NIM : 13010103007 (2017) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TIKEP KAB. MUNA BARAT. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ermawati, Nim. 13010103007, “Penerapan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Tikep Kabupaten Muna Barat”, (Dibimbing oleh Dr. Ambar Sri Lestari M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan, penerapan supervise akademik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SMA Negeri 1 Tikep. Berbicara mengenai penerapan supervisi akademik yaitu terkait dengan langkah-langkah dalam pelaksanaa program supervisi akademik, sedangkan kinerja guru terkait dengan upaya-upaya meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Tikep, dan bagaimana penerapan supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Tikep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tikep 2017. Informan dalam penelitian ini adalah kepala SMA Negeri 1 Tikep Kabupaten Muna Barat. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan tenaga tata usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas yakni trianggulasi teknik, trianggulasi waktu, dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan , reduksi data, penyajian data, dan varevikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Penerapan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah sudah berjalan dengan baik. Kepala SMA Negeri 1 Tikep sudah menyusun perencanaan program supervisi akademik, melaksanakan, dan mengevaluasi serta menindaklanjuti hasil supervisi sesuai dengan yang seharusnya. (2) Bentuk-bentuk kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah ditinjau dari segi pelaksanaannya ada dua yaitu supervisi langsung / klinis dan supervisi tidak langsung/umum, Adapun yang menjadi objek supervisi kepala sekolah SMA Negeri 1 Tikep dalam meningkatkan kinerja guru terbagi tiga yaitu supevisi rencana pelaksanan pembelajaran, supervisi pelaksanaan kegiatan pembelajan dan supervisi evaluasi kegiatan pengajaran. (3) Kinerja guru di SMA Negeri 1 Tikep dapat dikategorikan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari output yang dihasilkan berupa prestasi belajar siswa dan pencapaian target penyelenggaraan kurikulum dan berbagai kondisi yang dapat dijadikan tolak ukur kualitas siswa. Adapun upaya-upaya dalam peningkatan kinerja guru terbagi tiga yaitu motivasi, peningkatan kesejahteraan guru, dan promosi jabatan. Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 Tikep agar terus meningkatkan efektifitas pelaksanaan supervisinya agar kinerja guru lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ambar Sri Lestari M.Pd
Uncontrolled Keywords: SUPERVISI AKADEMIK, KINERJA GURU D
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:47
Last Modified: 07 Dec 2017 02:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item