PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI SISWA DI MTS AL-MUSLIM TONGAUNA KABUPATEN KONAWE

ELY NURHASANAH, NIM. 13010101163 (2017) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI SISWA DI MTS AL-MUSLIM TONGAUNA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ely Nurhasanah, Nim. 13010101163, Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Budi Pekerti Siswa di MTs Al-Muslim Tongauna Kabupaten Konawe (Dibimbing oleh: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag) Penelitian ini bermaksud mengemukakan secara kualitatif tentang peran guru aqidah akhlak dalam pembentukan budi pekerti siswa di MTs Al-Muslim Tongauna Kabupaten Konawe, masalah ini sangat urgen untuk dikaji secara ilmiah. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu 1) Bagaimanakah peran guru aqidah akhlak dalam pembentukan budi pekerti siswa di MTs Al-Muslim Tongauna Kabupaten Konawe, 2) Faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pembentukan budi pekerti siswa di MTs Al-Muslim Tongauna Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi yaitu pengamatan secara langsung di lapangan, interview yaitu mengadakan wawancara langsung dengan melakukan tanya jawab dengan responden, dan dokumentasi yaitu mencatat dokumen-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru aqidah akhlak dalam pembinaan budi pekerti siswa di MTs Al-Muslim Tongauna belum terimplementasi secara maksimal, karena masih banyak siswa yang kurang memahami pentingnya budi pekerti, yang dilakukan guru aqidah akhlak di MTs Al-Muslim Tongauna dalam pembinaan budi pekerti siswa menggunakan pendekatan keteladanan kepada siswa seperti selalu berbicara dengan sopan dan santun, selalu disiplin dalam berbagai hal serta selalu berpakaian rapi, guru aqidah akhlak di MTs Al-Muslim Tongauna selalu menanamkan nilai-nilai moral kepada siswa melalui pembelajaran aqidah akhlak, meningkatkan budi pekerti siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti memperingati hari-hari besar, pengajian dan lain sebagainya. Faktor-faktor penghambat dalam pembinaan budi pekerti siswa di MTs Al-Muslim Tongauna yaitu adanya pengaruh pergaulan teman sebaya baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat, terbatasnya komunikasi antara guru dan orang tua siswa, dan kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru sebagai solusi yaitu: Menumbuhkembangkan nilai-nilai moral dan spiritual, menumbuhkembangkan nilainilai kebangsaan dan kebhinekaan, mengembangkan interaksi positif antar siswa, pengembangan potensi untuk siswa, pemeliharaan lingkungan sekolah serta meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran, keterlibatan orang tua dan masyarakat di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Guru d Sekolah, Budi Pekerti
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 20 Dec 2017 06:12
Last Modified: 20 Dec 2017 06:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item