PENINGKATAN HASIL BELAJARIPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SDN KARYA SARI KECAMATAN SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA

FIANTI SUHARDI, NIM : 13010104007 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJARIPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SDN KARYA SARI KECAMATAN SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fianti Suhardi “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas V SDN Karya Sari Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara” (dibimbing Drs.Masdin,M.Pd) Penelitian ini berjudul Judul untuk membahas “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Devision (Stad) Siswa Kelas V SDN KARYA SARI Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas V SDN KARYA SARI Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN KARYA SARI pada semester genap tahun ajaran2016/2017. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi guru, observasi siswa dan data hasil belajarIPA. Data tersebut dikumpulkan dengan tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas V SDN Karya Sari tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes siklus I dan II, setelah memberikan tindakan dan lembar observasi terhadap guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan prosedur penelitian ini terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelasV SDN KARYA SARI, pada materi Sifat-sifat cahaya. Nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 66,67%, dan siklus II mencapai 83,33%, dengan nilai rata-rata pada siklus I, 76,25 dan siklus II, 81,25 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, 25,01%, dan siklus I ke siklus II, 16,66% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Masdin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:08
Last Modified: 21 Dec 2017 02:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item