PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Tindakan Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VA SDN 18 Barug

MASNAENI, NIM. 13010104016 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Tindakan Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VA SDN 18 Barug. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masnaeni, Nim. 13010104016 “Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Tindakan Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VA SDN 18 Baruga)” dibimbing oleh Dr.Abdul Kadir P, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VA SDN 18 Baruga melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 18 Baruga. Dengan jumlah siswa yaitu 28 orang, 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dengan materi sifat-sifat cahaya dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan dengan materi hubungan antara cahaya dan penglihatan. Waktu pelaksanaan setiap pertemuan yaitu 2x35 menit, disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data observasi guru, data observasi siswa dan data hasil belajar IPA dan akan dianalisis menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas ≥ 70 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL media lingkungan sekitar pada siswa kelas VA SDN 18 Baruga, dapat berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, siswa dan guru sama-sama aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar IPA siswa kelas VA dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada pra tindakan dengan nilai sebesar 68,42, siklus I sebesar 74,2, dan siklus II sebesar 81,02. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan yaitu pada pra tindakan sebesar 53,57%, siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 88%. Dengan persentase peningkatan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I dengan nilai 8,44%, siklus I ke siklus II dengan nilai 9,19%, dari pra tindakan ke siklus II sebesar 17,63%. Melihat hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya maka penerapan model PBL pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN 18 Baruga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Abdul Kadir P, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Pembelajaran DAN Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:30
Last Modified: 21 Dec 2017 02:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item