PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 9 KENDARI

Muhammad Fitrah wardana, NIM: 18010101021., M (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 9 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER - ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (596kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fitrah wardana, NIM: 18010101021. Pengaruh Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Kendari, program studi pendidikan agama Islam. Dibimbing oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd dan Aliwar, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-experimental research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan agama Islam dengan media pembelajaran Strip story. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Strip story dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. (3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Strip story terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI IPS SMA Negeri 9 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Kendari yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 144 siswa, penentuan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 72 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelompok belajar, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Persentase keberhasilan keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan media pembelajaran Strip story pada tiga pertemuan pembelajaran berturut-turut adalah 81,81%, 95,45% dan 86,36%; (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Strip story adalah 64,47. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional adalah 42,75; (3) Media pembelajaran Strip story berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kata Kunci : Media Pembelajaran Strip story, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:04
Last Modified: 29 Dec 2022 08:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item